Breaking News:

Menjaga Kesehatan Vagina dengan 6 Makanan Ini

Berikut adalah enam makanan yang perlu Anda konsumsi supaya vagina Anda tetap sehat.

Editor: Fatimah
google.com
ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Anda adalah apa yang Anda makan dan tampaknya, aturan ini juga berlaku untuk vagina. Mengingat bahwa pola makan memengaruhi hampir semua aspek kehidupan, mulai dari siklus menstruasi Anda sampai ke suasana hati, tidak heran jika pola makan juga memengaruhi area organ intim Anda.

Berikut adalah enam makanan yang perlu Anda konsumsi supaya vagina Anda tetap sehat.

1. Makan prebiotik dan probiotik.

Menurut Jennie Ann Freiman, M.D., vagina, seperti juga usus Anda, memerlukan bakteri sehat untuk melawan infeksi dan mempertahankan pH normal. Bakteri di dalam usus, pada gilirannya, juga memengaruhi flora vagina.

Untuk meningkatkan kesehatan usus dan vagina, Freiman menyarankan Anda teratur mengonsumsi makanan prebiotik seperti bawang putih, bawang merah, dan daun bawang mentah dan makanan probiotik seperti yoghurt, kimchi, acar, sauerkraut, tempe, dan teh kombucha.

Menurut Brian A. Levine, M.D., konsumsi probiotik telah terbukti dapat membantu wanita yang menderita vaginitis kronis atau kondisi ketidaknyamanan pada vagina yang dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks.

Suplemen prebiotik dan probiotik bukanlah pengganti untuk sumber alami keduanya. Freiman mengatakan, "Formula laboratorium tidak dapat mengalahkan buatan alam."

2. Konsumsi kacang-kacangan dan lemak sehat lainnya.

Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan, minyak zaitun, dan alpukat berfungsi mengatur kadar Kolesterol, menjaga kadar estrogen tetap seimbang, dan pada gilirannya menciptakan lapisan mukosa yang sehat yang dapat membantu menangkal infeksi.

3. Hindari makanan olahan.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved