Market Day ala SMA Modal Bangsa

Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Modal Bangsa, Blang Bintang, menggelar acara Market Day

Market Day ala SMA Modal Bangsa
SUASANA jual beli di Market Day SMAN Modal Bangsa, Sabtu (17/12) siang. 

BANDA ACEH - Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Modal Bangsa, Blang Bintang, menggelar acara Market Day, Sabtu (17/12) lalu. Acara yang diselenggarakan di pelataran sekolah itu, melibatkan semua siswa serta keluarga besar SMAN Modal bangsa.

Kepala Sekolah SMAN Modal Bangsa, Dr Anwar MEd, dalam kesempatan itu mengatakan, market day atau hari jualan itu adalah upaya sekolah untuk memberikan pendidikan ekstrakurikuler berupa enterprenuership atau wira usaha kepada para siswa. Sebagai bekal mereka untuk tampil lebih mandiri setamat SMA. “Kita ingin anak anak tak sebatas berkualitas secara ilmu dan taqwa, tapi juga punya jiwa wirausaha, mengingat tantangan di masa mendatang lebih kompleks,” tutur Anwar di depan para wali murid.

Untuk mendukung sukses market day itu, pihak sekolah memberikan bantuan cuma cuma per kelas sebesar Rp 1 juta. Uang sebagai modal usaha itu digunakan untuk membeli bahan atau peralatan yang bakal dipasarkan dalam market day. “Alhamdulillah, anak anak sangat antusias, di bawah bimbingan dewan guru dan staf sekolah, mereka membuat berbagai produk, mulai dari makanan hingga teknologi tepatguna,” tutur Anwar yang jebolan doktoral di Australia itu.

Acara Market Day yang berlangsung hanya beberapa jam itu, dipusatkan ke pelataran sekolah. Para siswa menyulap hall parkir dewan guru dengan sekat sekat stand setiap kelas. Para orang tua dan wali siswa yang datang ke sekolah untuk pertemuan dengan Komite Sekolah serta manajemen sekolah, menjadi buyer utama dari kegiatan itu. Suasana bak uroe peukan langsung tersaji, ketika orang tua dan wali siswa yang hari itu yang juga hadir untuk mengambil rapor para para siswa, menyerbu stand dan melakukan jual beli. Nyaris semua stand laku keras, dan rata rata usaha itu mendapat keuntungan atau paling tidak kembali modal. “Ini gebrakan yang membanggakan dan pantas ditiru atau jadi model sekolah sejenis,” tutur Dr Abubakar, salah seorang wali siswa yang juga Ketua Komite Sekolah SMPN 1 Banda Aceh.(nur)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved