Di Nagan Raya, Anggota TNI Aktif Dilantik Jadi Kepala Desa

Pelantikan anggota TNI tersebut belakangan mendapatkan protes dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) di Kabupaten Nagan Raya.

Di Nagan Raya, Anggota TNI Aktif Dilantik Jadi Kepala Desa
SERAMBINEWS.COM/DEDI ISKANDAR

Laporan Dedi Iskandar | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE - Seorang anggota TNI aktif yang bertugas di Pos Koramil Kuala Pesisir, Sertu Effendi, Sabtu (24/12/2016) dilantik secara resmi sebagai kepala desa (keuchik) Gampong Pulo, Kecamatan Kuala Pesisir, kabupaten setempat oleh Bupati Drs Teuku Zulkarnaini.

Pelantikan anggota TNI tersebut belakangan mendapatkan protes dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) di Kabupaten Nagan Raya.

Koordinator YARA Nagan Raya, Wahidin kepada Serambinews.com, Minggu (25/12/2016) siang mengatakan pelantikan anggota TNI aktif sebagai kepala desa tersebut melanggar Undang-Undang tentang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa serta Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

"Sertu Effendi yang dilantik sebagai kepala desa ini juga bukan dari penduduk desa setempat, apalagi sebelumnya di Desa Pulo memang telah ada kepala desa definitif," kata Wahidin.

Menurut Wahidin, harusnya anggota TNI aktif tetap bertugas sesuai dengan tupoksinya dan tidak terlibat dalam hal yang mengganggu situasi keamanan di masyarakat.

Hingga berita ini ditulis sekitar pukul 16.13 WIB, Dandim 0116 Nagan Raya Letkol Moch Wahyudi SIP MTr (Han) belum memberikan konfirmasi yang dilayangkan Serambinews.com terkait protes dari LSM YARA tersebut. (*)

Penulis: Dedi Iskandar
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved