Proyek Buku Disdik Rp 11,6 M Menyalahi

Komisi V DPRA mencium ketidakberesan pada proyek pengadaan Buku Budi Pekerti untuk SD/MI, SMP/MTSN

Proyek Buku Disdik Rp 11,6 M Menyalahi

BANDA ACEH - Komisi V DPRA mencium ketidakberesan pada proyek pengadaan Buku Budi Pekerti untuk SD/MI, SMP/MTSN dan Buku Nilai Karakter Berbasis Hadis dan Alquran untuk SMA/SMK senilai Rp 11,6 miliar dari APBA 2016. Pasalnya, untuk delapan paket proyek tersebut hanya menggunakan satu penerbit atau monopoli.

Ketua Komisi V DPRA yang membidangi pendidikan, Mohd Al-Fatah kepada Serambi, Jumat (23/12) membenarkan adanya dugaan ketidakberesan pada proyek pengadaan buku di Disdik Aceh.

Menurut Fatah, ada 8 paket proyek pengadaan buku tahun 2016 di Disdik Aceh yaitu untuk SD/MI, SMP, MTSN, dan SMA/SMK dalam proses tendernya diduga menggunakan satu penerbit. “Isu itu semakin santer dalam sebulan terakhir,” katanya. Sebelumnya, masih di Disdik Aceh, dua paket proyek pengadaan buku untuk anak PAUD masing-masing senilai Rp 4 miliar dibatalkan, karena proses lelangnya juga menggunakan satu penerbit.

Terhadap pengadaan buku PAUD tersebut, kata Al-Fatah, setelah dilakukan pemeriksaan dan audit oleh Tim Inspektorat Aceh, ditemukan tahapan proses lelang yang belum memenuhi aturan sehingga proses tendernya harus diulang. Tapi, sampai akhir November lalu tidak dilakukan lelang ulang oleh KPA maupun PPTK-nya, dengan alasan sisa waktunya sudah tidak cukup lagi untuk pelaksanaan pengadaan, sehingga dibatalkan.

Ketika kasus buku PAUD masih menjadi pembicaraan hangat, tiba-tiba meruyak lagi isu baru tentang pengadaan 8 paket buku untuk anak SD/MI, SMP/MTSN dan SMA/SMK juga bermasalah. Penyebabnya juga karena proses lelangnya monopoli satu penerbit.

Al-Fatah menyebutkan, dalam rapat kerja antara pihaknya dengan Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin Darjo dan jajarannya dua bulan lalu telah mendapat penjelasan tentang pengadaan buku budi pekerti untuk SD/MI, dan SMP/MTSN senilai Rp 8 miliar.

Proyek pengadaan Buku Budi Pekerti itu dibagi empat paket. Paket I dengan pagu anggaran Rp 2,182 miliar akan disalurkan untuk anak SD/MI wilayah I yaitu Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Utara, Lhokseumawe, dan Aceh.

Paket II dengan nilai pagu yang sama untuk anak SD/MI wilayah II yaitu Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Barat, dan Nagan Raya.

Paket III dengan pagu anggaran Rp 1,9 miliar untuk SMP/MTSN wilayah I yaitu Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Utara, dan Lhokseumawe. Sedangkan paket IV dengan nilai pagu Rp 2,1 miliar untuk anak SMP/MTSN wilayah II yaitu Bireuen, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Aceh Barat, dan Nagan Raya.

Di luar itu, masih ada empat paket lagi pengadaan buku untuk SMA/SMK. Paket I dengan pagu Rp 1 miliar untuk pengadaan buku pelajaran nilai karakter bagi siswa SMA/SMK kabupaten/kota se-Aceh. Paket II dengan pagu yang sama untuk pengadaan Buku Pendidikan Karakter Berbasis Hadis bagi siswa SMA/SMK kabupaten/kota se-Aceh.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved