MPU Abdya Minta Pemerintah tak Beri Izin Perayaan Tahun Baru

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meminta pemerintah setempat untuk tidak memberikan izin

MPU Abdya Minta Pemerintah tak Beri Izin Perayaan Tahun Baru
GETTY IMAGES

BLANGPIDIE- Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) meminta pemerintah setempat untuk tidak memberikan izin dan dukungan terhadap segala bentuk kegiatan menyambut pergantian tahun baru Masehi 2017. Bila ada pihak yang nekat menggelarpesta pora, pembakaran mercon, kembang api, meniup terompet dan sejenisnya, maka Pemkab diminta untuk mengambil tindakan tegas .

Ketua MPU Abdya, Tgk Muhammad Dahlan yang dihubungi Serambi, Rabu (28/12) menjelaskan, MPU telah mengeluarkan surat imbauan bernomor 451.7/167/ABD/2016 terkait akan segera berakhirnya tahun 2016 dan akan tiba tahun baru Masehi, 2017. Surat imbauan berisikan enam poin, yang mengutip Surat Ali Imran Ayat 85, yang artinya, “Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.”

Surat imbauan yang diteken Tgk Muhammad Dahlan, antara lain berisi imbauan kepada seluruh warga muslim dalam wilayah kabupaten setempat agar tidak menggelar pesta apa pun dalam rangka menyambut pergantian tahun baru Masehi. Sedangkan warga non-Muslim diminta untuk dapat menghargai daerah yang memberlakukan Syariat Islam.

“Kepada Pemerintah Kabupaten Abdya agar tidak memberikan izin dan dukungan terhadap segala kegiatan yang menimbulkan kemungkaran, seperti pesta pora, pembakaran mercon, kembang api, meniup terompet, dan kegiatan sejenisnya. Kepada seluruh pengusaha hotel, wisma, restoran, cafe, dan tempat hiburan harus mentaati imbauan yang dikeluarkan MPU Abdya,” begitu bunyi surat MPU tersebut.

Ketua MPU Abdya Tgk Muhammad Dahlan menambahkan, bila ada yang nekat, Pemkab Abdya dalam hal ini Satpol PP dan WH agar mengambil tindakan tegas. Warga muslim di kawasan Abdya diharap tidak ikut-ikutan merayakan tahun baru 2017. Orangtua pun diminta menjaga putra-putri mereka agar tidak terlibat dalam kegiatan tersebut.

Imbauan yang dikeluarkan MPU Abdya sejak Rabu kemarin, disebarkan kepada kantor-kantor instansi pemerintah tingkat kabupaten sampai kantor kecamatan. Para camat setempat selanjutnya meneruskan imbauan dari MPU tersebut ke seluruh desa di wilayahnya.(nun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved