Breaking News:

Ratusan Warga di Trumon Tengah dan Trumon Timur Diungsikan

Ratusan Kepala Keluarga (KK) di dua Kecamatan tersebut terpaksa mengungsi ke tempat ...

Penulis: Taufik Zass | Editor: Eddy Fitriadi

Laporan Taufik Zas | Aceh Selatan

SERAMBINEWS.COM, TAPAKTUAN - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Selatan, sejak Rabu (4/1/2017) hingga Jumat (6/1/2016) malam menyebabkan tujuh kecamatan, yakni Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Selatan, Kota Bahagia, Trumon, Trumon Tengah dan Trumon Timur, terendam banjir luapan.

Tim gabungan teridir dari BPBD Aceh Selatan, SAR Aceh Selatan, Personel TNI/Polri, PMI dan RAPI Aceh Selatan, Sabtu (7/1/2017) terus melakukan upaya evakuasi terhadap korban banjir di beberapa kecamatan dimaksud. Khusus di Kecamatan Trumon Tengah dan Trumon Timur, korban diungsikan di Konplek Kompi Brimob Trumon Tengah.

"Untuk sementara para pengungsi di daerah Trumon Tengah dan Trumon Timur diarahkan ke komplek Kompi Brimob, guna menghindari luapan air yang hingga kini semakin naik. Kita harapkan, adanya bantuan dapur umum di titik pengusian," kata Ketua SAR Aceh Selatan, May Fendri SE kepada Serambinews.com, Sabtu (7/1).

Informasi yang diterima Serambinews, endapan air mencapai ketinggian 1 meter lebih itu melanda Gampong Titi Peuben dan Lubuk Pusaka, Kecamatan Trumon Timur. Termasuk Gampong Lhok Raya, Kecamatan Trumon Tengah. Ratusan Kepala Keluarga (KK) di dua Kecamatan tersebut terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Banjir yang terjadi di Desa Titi Poben, Lubuk Pusaka Bloc B, Lhok Raya, Cot Bayu, dan Padang Harapan di Kecamatan Trumon Tengah dan Trumon Timur ini merupakan banjir luapan sungai Sultan Daulat, Subulussalam. "Banjir Lhok Raya semakin meluas, ketinggian air bervariasi dari 60 cm ampai dengan 80 cm," ujarnya.

Sementara banjir yang melanda Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Selatan disebabkan oleh meluapnya Krueng Klue. Demikian juga banjir di sebagian Bakongan dan Kota Bahagian dilaporkan akibat meluapnya Sungai Bakongan.

Sekda Aceh Selatan, H Nasjuddin SH MM beserta rombongan, Kamis (05/01/2017) melakukan kunjungan ke enam Kecamatan yang dilanda yaitu, Kluet Tengah, Kluet Utara, Kluet Selatan, Kota Bahagia, Trumon dan Trumon Timur.

Dalam kunjungan tersebut, Sekda Aceh Selatan juga turut menyalurkan bantuan masa panik. Warga di Kecamatan Trumon Timur dan Kecamatan Kluet Tengah dilaporkan juga sempat mengungsi karena kondisi rumah mereka terendam banjir.

"Solusi menghindari banjir, masyarakat berharap dilakukan normalisasi dan pembangunan tanggul pengaman di sepanjang aliran sungai Krueng Kandang," kata Zaiton Ludny, salah seorang tokoh masyarakat Kluet kepada Serambinews.com.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved