Ancam Delapan Desa

Sejumlah masyarakat yang ditemui Serambi di lokasi Waduk Seumayam Gampong Pulo Hagu, Padang Tiji mengharapkan bendungan

Ancam Delapan Desa
KEPALA Dinas Pengairan Aceh, Ir Syamsurizal menjelaskan kondisi waduk saat berada di Waduk Rajui, Kecamatan Padang Tiji, Pidie, Sabtu (11/7). 

Sejumlah masyarakat yang ditemui Serambi di lokasi Waduk Seumayam Gampong Pulo Hagu, Padang Tiji mengharapkan bendungan jebol itu direhab permanen alias tidak darurat, seperti dilakukan sekarang oleh Pemkab Pidie. “Jika tidak, bisa mengancam delapan desa yang ada di sekitar waduk ini,” ujar Mahdalena (40), seorang warga Pulo Hagu.

Ada dua sisi terancam banjir, pertama sebelah utara Gampong Pulo Hagu, Kampung Cot, Meunasah Trieng, dan Pasar Padang Tiji. Jika tidak direhab, juga ancaman datang dari sebelah selatan Gampong Tanjung, Cot Keutapang, Keupula, Meriya, dan Beurabo,

“Ada beberapa rumah tergenang milik Ridwan, Lukman, Azmi, Rusli, Samsul Bahri/Mahdalena, Bayhaki, Habsah, Hamamah, dan Neli. Air setinggi selutut di dalam rumah,” katanya.

Lalu, setelah direhab darurat sebelah utara kemudian banjir melanda ke selatan ke Gampong Tanjung dan sekitarnya.

Ekses kerusakan dari luapan waduk itu selain banjir, juga merusak jalan dan satu jembatan menuju lahan perkebunan. Jembatan ambruk tidak bisa dilewati roda empat, sehingga warga tidak bisa membawa hasil perkebunan dari kebun ke desanya.

“Maka itu harus dibuat saluran pembuang tidak mengganggu pemukiman penduduk. Jika tidak kami terus terima banjir luapan,” terang Mahdalena, didampingi warga lainnya Hamamah, Bayhaki, dan Samsul Bahri.(aya)

Ekses kerusakan dari waduk seumayam sudah terjadi:
* Jembatan ambruk, tidak bisa dilewati roda empat.

* Jalan rusak

* Jalan dan jembatan ini menuju ke lokasi perkebunan.

* Delapan desa beberapa kali banjir akibat jebol waduk yakni Gampong Pulo Hagu, Kampung Cot, Meunasah Trieng dan Pasar Padang Tiji, Tanjung, Cot Keutapang, Keupula, Meriya dan Beurabo,

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved