Baitul Mal dan RZ Bantu Mualaf

Baitul Mal Aceh bekerja sama dengan Rumah Zakat (RZ) Aceh membantu mualaf melalui program pemberian modal usaha

Baitul Mal dan RZ Bantu Mualaf

BANDA ACEH - Baitul Mal Aceh bekerja sama dengan Rumah Zakat (RZ) Aceh membantu mualaf melalui program pemberian modal usaha, pelatihan, dan khitanan massal bagi anak-anak mualaf miskin. Hal itu disampaikan Plt Kepala Baitul Mal Aceh, Dr H Armiadi Musa MA dalam silaturahmi dengan RZ Aceh di Kantor Baitul Mal Aceh, Rabu (25/1).

Menurutnya, 171 mualaf akan diberi modal usaha secara bertahap sejak Januari hingga Juni 2017. Mereka tersebar di Aceh Utara, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Banda Aceh, dan Langsa. Dikatakan, mualaf perlu dibantu karena sebagian besar dari tak dipedulikan lagi oleh keluarganya.

“Adapun modal usaha untuk program ini bervariasi mulai dari 4 sampai 8 juta rupiah per orang, sesuai dengan jenis usaha yang mereka jalankan,” ujar Armiadi. Dikatakan, Baitul Mal Aceh siap menganggarkan dana untuk program ini secara terus menerus. Sedangkan RZ diminta memberi pendampingan selama enam bulan ke depan.

Untuk penyaluran modal usaha untuk mualaf, lanjutnya, Baitul Mal Aceh mempercayakan RZ Aceh mulai dari pendataan hingga assesment. Menurutnya, dana tersebut akan ditransfer ke rekening petugas RZ yang menilai langsung kelayakan penerima bantuan. “Dana ditransfer pada Januari dan dipantau penggunaannya hingga Juni 2017,” jelasnya.(fit)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved