Calya dan Sigra Makin Diminati

Dua mobil keluarga yang sama-sama mengusung kenyamanan, tetapi berbeda fitur dan harga telah menarik perhatian

Calya dan Sigra Makin Diminati
MOBIL Toyota Calya bersama sejumlah mobil lainnya dipajang di showroom PT Dunia Barusa, Bathoh, Banda Aceh. Foto direkam pada Selasa (14/2). 

* Bentuk Hampir Sama, Harga Beda

BANDA ACEH - Dua mobil keluarga yang sama-sama mengusung kenyamanan, tetapi berbeda fitur dan harga telah menarik perhatian warga Aceh sejak diluncurkan Agustus 2016 lalu. Kehadiran mobil kembaran ini di kelas MPV LCGC, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra telah memberi pilihan bagi calon pemilik mobil pertama.

Tak pelak, PT Astra International Daihatsu Cabang Aceh menggelar promo pada bulan ini, khusus untuk Sigra dengan DP atau uang muka hanya Rp 16 juta dengan cicilan Rp 3 jutaan/bulan selama lima tahun. Herizal SE Kepala Cabang Daihatsu Banda Aceh, Kamis (16/2) menjelaskan warga Aceh yang ingin beralih dari sepeda motor ke mobil, umumnya memilih Sigra.

“Sebagian besar pembeli pertama mobil, umumnya memilih Sigra atau juga mobil murah Ayla,” jelasnya. Dia mengungkapkan, pembeli pertama, sebagian besar memilih kredit dengan waktu sampai lima tahun, bahkan DP juga ringan dan cicilan tidak memberatkan keuangan keluarga.

“Prosentase pembelian mobil Daihatsu di Aceh, 80 persen secara kredit dan 20 persen tunai,” ujarnya. Dia menjelaskan kondisi itu tidak terlepas dari mulai banyaknya pemilik sepeda motor beralih ke kendaraan roda empat, terutama keluarga muda dengan pendapatan terus meningkat, baik PNS, pegawai swasta maupun pedagang.

Herizal menjelaskan khusus Sigra, calon konsumen juga mendapat cashback Rp 4 juta, baik secara tunai maupun kredit. “Warga Aceh tetap menginginkan mobil 7 penumpang, irit bahan bakar, servis mudah dan yang paling utama, harga terjangkau,” kata Kepala Cabang Astra Daihatsu Aceh ini.

Bahkan, dia mentamsilkan Sigra yang dibandrol dari Rp 120,4 juta sampai Rp 162,1 juta/unit on the road dalam bahasa Aceh yang berarti segera membeli mobil ini atau “Sigra bloe moto nyo.” Dia mentasbihkan, Sigra yang memiliki desain trendy ini cocok untuk masyarakat Aceh, baik di perkotaan ataupun pinggiran perkotaan.

Dia menyatakan interior ‘adik’ Daihatsu Xenia ini sudah dilengkapi kabin yang lega, dua kursi untuk orang dewasa dan baris ketiga atau belakang untuk anak-anak, walau juga bisa untuk orang dewasa. “Sigra juga dilengkapi fitur keamanan seperti side impact beam, immobilizer, airbag dan ABS,” katanya.

Daihatsu Sigra bermesin 1.000cc VVT-i untuk tipe D dan M dibandrol dari Rp 120,4 juta- Rp 129.5 juta. Untuk mesin 1.200cc Dual VVT-i tipe X dan R dibandrol dari Rp 139 juta-Rp 148,9 juta dengan tranmisi manual dan matik.

Sementara itu, Toyota Calya terus menampakkan diri di jalanan Aceh, sejak diluncurkan Agustus 2016 lalu. Diperkirakan, Toyota Calya telah dilepas lebih dari 500 unit dan akan terus bertambah, seiring permintaan terhadap mobil satu ini terus membaik. Pada 2016 lalu, Calya berhasil dilepas sebanyak 470 unit.

Mobil adik ‘Avanza’ ini yang mengusung mesin 1.200 cc, dibandrol dari Rp 143,15 juta sampai Rp 164,35 juta/unit on the road Aceh. Untuk membawa pulang mobil ini, maka DP sebesar Rp 26 juta dengan cicilan Rp 3,558 juta/bulan selama lima tahun untuk tipe E M/T yang dibandrol Rp 146,45 juta.

Walaupun mobil berbasis LCGC, fitur mobil ini sudah canggih, seperti AC dengan sirkulasi udara di baris depan dan kedua dengan kecepatan udara dapat diatur, sehingga dapat sampai baris ketiga. Dual SRS airbag di semua tipe juga disematkan bersama seatbelt di ketiga baris bangku, serta sejumlah fitur canggih lainnya.(muh)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved