Pilkada

Suara Sementara Situng KPU Sudah 91 Persen

Laman Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pilkada 2017 KPU RI yang memuat penghitungan sementara

Suara Sementara Situng KPU Sudah 91 Persen

BANDA ACEH - Laman Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pilkada 2017 KPU RI yang memuat penghitungan sementara pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh terus mengupdate total suara yang diperoleh enam pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh. Hingga pukul 22.30 WIB, Senin (20/2), suara yang sudah masuk ke website KPU itu sebesar 91.84% persen dari 8.809 TPS (Total TPS di Aceh 9.592).

Penelusuran Serambi di laman https://pilkada2017.kpu.go.id/hasil/t1/aceh, ada beberapa kabupaten/kota di Aceh yang belum 100 persen terinput, termasuk dari KIP Aceh Timur yang hingga pukul 22.30 tadi malam, baru terinput dari 388 TPS atau 50,32 persen dari total 771.

Mengacu pada data tersebut, hingga tadi malam, pasangan nomor urut 1, Ir H Tarmizi A Karim MSc-Ir HT Machsalmina Ali MM meraup 380.515 suara (17.12 persen), nomor urut 2 Zakaria Saman-Ir HT Alaidinsyah memperoleh 118.769 suara (5.34 persen), nomor urut 3 Dr Ir H Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab Al-Idroes SE 39.577 suara (1.78%), nomor urut 4 dr H Zaini Abdullah-Ir H Nasaruddin 156.877 (7.06%), nomor urut 5 H Muzakir Manaf-Ir H TA Khalid mendapatkan 698.948 suara (31.45%), dan pasangan nomor urut 6 drh H Irwandi Yusuf MSc-Ir H Nova Iriansyah MT mengantongi 827.871 suara (37.25%). (Selengkapnya lihat tabel).

KPU terus mengupdate total suara yang diperoleh masing-masing calon. Persentase suara terus berubah dan meningkat setiap waktu. Bukan hanya pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh, pemilihan gubernur/wakil gubernur provinsi lain juga terupdate terus oleh Situng pilkada tersebut.

Namun, seperti diberitakan sebelumnya, hasil penghitungan yang tertera pada website KPU RI itu bukan hasil akhir. Penghitungan itu hanya sebagai pembanding dan tidak menjadi acuan atau pegangan hasil akhir pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh. Mengenai siapa yang akan ke luar sebagai pemenang dan dinyatakan sebagai gubernur/wakil gubernur Aceh terpilih akan ditetapkan dengan rekapitulasi manual atau real count KIP Aceh pada 27 Februari 2017.

Seperti dikatakan Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi, website penghitung cepat perolehan sementara pemilihan gubernur/wakil gubernur Aceh itu berfungsi untuk mengontrol dalam memberikan informasi kepada publik secara nasional terkait hasil hitung hasil sementara Pilkada 2017. “Itu kebijakan KPU dalam rangka keterbukaan informasi. Situs KPU itu juga berfungsi mengontrol dan memberikan informasi kepada publik yang ingin tahu tentang hasil pilkada, tapi bukan acuan, hasil akhirnya tetap real count,” kata Ridwan Hadi, Minggu (19/2).

KPU RI juga menjelaskan hal yang sama. Komisioner KPU RI, Arief Budiman menjelaskan Situng Pilkada 2017 yang dimuat dalam laman kpu.go.id merupakan data sementara untuk pembanding. Sementara hasil resmi pilkada tetap menggunakan rekapitulasi manual dan berjenjang sesuai amanah undang-undang.

“Publik harus mengetahui hasil pilkada ini. Situng ini juga sebagai alat kontrol bagi penyelenggara pemilu dan masyarakat, supaya tidak terjadi kecurangan rekapitulasi di tingkat PPK, kabupaten/kota, dan provinsi,” katanya pada acara diskusi dan sharing experience bersama delegasi-delegasi dari luar negeri yang tergabung dalam Election Visit Program (EVP) 2017, Rabu (15/2) di Hotel Borobudur Jakarta, sebagaimana dikutip dari situs resmi KPU RI.

Penjelasan lain juga tertera dengan jelas pada beranda laman situng KPU RI, yang menulis: Portal ini dibuat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk mengetahui hasil Pilkada serentak 15 Februari 2017 di seluruh wilayah dengan lebih cepat dan akurat. Data hasil Pilkada berdasarkan entry data Model C1 merupakan hasil sementara dan bukan hasil final. Jika terdapat kesalahan dalam Model C1, akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi di tingkat atasnya. (dan)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved