Pilkada

Saksi Yah Gam Tolak Hasil Pleno KIP

Saksi pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Jaya Ir Junaidi (Yah Gam)-Bustami Syarbini, Maimun Panga

Saksi Yah Gam Tolak Hasil Pleno KIP

CALANG - Saksi pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Jaya Ir Junaidi (Yah Gam)-Bustami Syarbini, Maimun Panga, menolak menandatangi berita acara pengesahan penetapan perhitungan suara dalam rapat pleno penetapan rekapitulasi suara di Lantai III Kantor Bupati Aceh Jaya, Rabu (22/2).

Dia beralasan, banyak hal yang belum diproses oleh Panwaslih terkait dengan pelanggaran Pilkada, terutama terkait tercecernya dua kertas suara sah di Krueng Sabee. Ia menilai ini sebagai sebuah pelanggaran berat, sehingga pihaknya menolak hasil pleno.

“Kita akan tempuh langkah hukum berikutnya terkait dengan pelanggaran Pilkada di Aceh Jaya,” tegas Maimun.

Terkait penolakan saksi Yah Gam, Ketua KIP Aceh Jaya, Helmi Syahrizal mengatakan bahwa itu bukan sebuah masalah dalam penetapan hasil perhitungan perolehan suara. Penetapan itu dipastikannya tetap sah. Namun jika ada keberatan, pihaknya mempersilakan dilakukan langkah hukum sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Dalam rapat pleno kemarin, pasangan calon bupati dan wakil bupati Aceh Jaya, Drs T Irfan TB-Tgk Yusri S berhasil memperoleh suara terbanyak, yakni mencapai 33.354 suara. Sedangkan pasangan Ir Junaidi (Yah Gam)-Bustami Syarbini memperoleh 17.413 suara. Sedangkan total jumlah suara sah secara keseluruhan untuk pemilihan bupati mencapai 50.767 suara, dari 60.672 DPT.

Rapat pleno tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KIP Aceh Jaya, Helmi Syahrizal. Ikut hadir Bupati Aceh Jaya, Ir Azhar Abdurrahman, Kampolres AKBP Riza Yulianto, Dandim 0114 Letkol Kav Haerus Shaleh, Kajari Aceh Jaya, Kesbangpol, para saksi dari calon bupati dan gubernur, para PPK dan Panwaslih.(c45)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved