Aceh Sepakat Syahadatkan 11 Warga Karo

"Pengucapan dua kalimat syhadat sengaja dilakukan di tempat terbuka, supaya disaksikan warga lain kalau ini memang tidak ada paksaan," ujarnya.

Aceh Sepakat Syahadatkan 11 Warga Karo
SERAMBINEWS.COM/SENI HENDRI
Ilustrasi 

Laporan Rahmad Wiguna | Sumatera Utara

SERAMBINEWS.COM, MEDAN -  Sebelas warga Desa Nageri, Kecamatan Munte, Kabupaten Karo, Sumut resmi memeluk Islam setelah mengucapkan dua kalimat syahadat . Keberadaan masyarakat Aceh di wilayah itu cukup memengaruhi keputusan warga untuk hijrah memeluk Islam.

Pengucapan dua kalimat syahadat ini dilakukan di sebuah ruangan terbuka di Desa Munte dengan dipandu ustaz DR Azhar Sitompul.

Sebelas warga yang memutuskan masuk Islam ini terdiri atas enam laki-laki, yakni Nido Ginting, Simon Ginting, Rapid Ginting, Chandra Ginting, Juni Akbar Ginting, dan Reskana Tarigan, serta lima perempuan, Rukiah Ginting, Ekaristi Sembiring, Suriani Ginting, Ipah Tarigan dan Norma Tarigan.

Prosesi sakral ini difasilitasi DPP Aceh Sepakat yang mulai rutin mengembangkan perannya di bidang keagamaan. Dalam setahun terakhir, DPP Aceh Sepakat sudah 'menempatkan' ulama di desa itu dan membantu mengislamkan 50 orang di Karo.

"Kita telah memercayakan Ustaz Ramli Ginting untuk menularkan ilmu ajaran Islam kepada masyarakat di sini. Alhamdulillah DPP Aceh Sepakat sudah menyediakan anggaran sendiri untuk beliau agar terus berdakwah," kata Husni, Rabu (29/3/2017).

Husni menekankan tidak ada paksaan kepada warga untuk memeluk Islam. DPP Aceh Sepakat kata dia hanya menjalankan fungsi sebagai organisasi kemasyarakat, dan ketika mendapat informasi ada warga yang ingin memeluk Islam langsung difasilitasi.

"Pengucapan dua kalimat syhadat sengaja dilakukan di tempat terbuka, supaya disaksikan warga lain kalau ini memang tidak ada paksaan," ujarnya.

Pengucapan kalimat tauhid ini juga dikemas dengan khitanan massal yang diikuti 25 orang terdiri atas 10 laki-laki dan 15 perempuan.

Husni menjelaskan kegiatan ini sebagai rasa syukur terbentuknya kepengurusan DPD Aceh Sepakat Karo. Selama ini bagan kepengurusan Aceh Sepakat hanya terdiri atas DPP dan DPC. (mad)

Penulis: Rahmad Wiguna
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved