Pelaku Investasi Bodong Nova Mastura Divonis 6 Tahun Penjara

“Menyatakan Nova Mastura binti Abdurrahman terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE)"

Pelaku Investasi Bodong Nova Mastura Divonis 6 Tahun Penjara
SERAMBINEWS.COM/M ANSHAR
Terdakwa kasus investasi Bodong, Nova Mastura (25) mengikuti sidang vonis kasus tersebut di Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh, Kamis (30/3/2017). 

Laporan Masrizal | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Banda Aceh, Kamis (30/3/2017), memvonis terdakwa kasus investasi bodong, Nova Mastura (25) selama enama tahun penjara, denda Rp 1 miliar subsider 1 tahun kurungan.

Ia dinyatakan terbukti menyebar berita bohong terkait investasi forex dolar melalui pesan siaran (broadcast) yang mengakibatkan kerugian bagi orang lain. Selain itu, perbuatan terdakwa yang melakukan kejahatan melalui investasi bodong juga telah merusak iklim investasi.

“Menyatakan Nova Mastura binti Abdurrahman terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) secara berulang kali,” kata hakim ketua, Badrun Zaini SH MH yang didampingi dua hakim anggota, Eddy SH dan Totok Yanuarto SH.     

Hukuman tersebut lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Banda Aceh yang menuntut empat tahun penjara.

Nova Mastura
Nova Mastura ()

Badrun menyatakan, majelis hakim sepakat dengan jaksa yang menjerat terdakwa dengan Pasal 45 ayat (2) Jo 28 ayat (1) UU RI No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Jo Pasal 65 ayat (1) KUHPidana, tetapi tidak sepakat dengan hukuman yang diberikan.

Menurut Pasal 45 ayat (2) Undang-Undang ITE menyebutkan, setiap orang  dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam transaksi elektronik dipidana penjara selama 6 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

Penulis: Masrizal Bin Zairi
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved