PLN: Tidak Ada Pemadaman di Aceh, Aliran Listrik akan Normal 100 % Malam Ini

keputusan terberat yang harus diambil oleh manajemen untuk menjaga agar tidak terjadi pemadaman yang lebih besar dan lebih luas.

PLN: Tidak Ada Pemadaman di Aceh, Aliran Listrik akan Normal 100 % Malam Ini
SERAMBI/BUDI FATRIA
Suasana malam di kantor PLN Wilayah Aceh 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA  - PT PLN Persero memastikan bahwa tidak ada pemadaman listrik ke Aceh. Aliran listrik ke Aceh akan kembali normal 100 persen pada Kamis (6/4/2017) malam ini.

PLN memastikan, aliran listrik dari Sumatera Utara (Sumut) ke Aceh sebesar 240 MW yang sebelumnya sempat mengalami gangguan, akan normal malam ini.

"Sekarang sudah bertahap dinyalakan, sekarang ini (sekitar pukul 19.00), tinggal 60 MW lagi yang masih dalam tahap normalisasi. Kita harapkan, normal 240 MW pada malam ini. Jadi tidak ada pemadaman listrik di Aceh sampai 22 Mei 2017," tegas Direktur Bisnis Regional Sumatera PLN Amir Rosidin kepada Tribunnews.com.

Sebelumnya Humas PT PLN (Persero) Wilayah Aceh mengeluarkan rilis bahwa untuk memaksimalkan keandalan serta kontiyunya pasokan energi listrik menjelang Ramadhan, maka PLN melakukan uprating konduktor (penggantian kable transmisi dari ACSR 240 mm2 kha 600 A. menjadi ACCC 310 mm2 kha 1200 A).

Pekerjaan tersebut dimulai 2 April 2017 dan diperkirakan selesai 22 Mei 2017.

PLN Aceh menyebut bahwa pemadaman bergilir dalam beberapa waktu terakhir karena ada beberapa pembangkit sedang dalam pemeliharaan, PLN memastikan bahwa kebijakan pemadaman listrik bergilir per tiga jam di sejumlah wilayah di Aceh bukan faktor kesengajaan, melainkan keputusan terberat yang harus diambil oleh manajemen untuk menjaga agar tidak terjadi pemadaman yang lebih besar dan lebih luas.

Amir Rosidin menjelaskan bahwa sejak 2 Oktober lalu sedang dilakukan pekerjaan meningkatkan kapasitas saluran listrik dari Sumut ke Aceh.

Yang awalnya kapasitas kabel transimisi sebesar 240 MW akan ditingkatkan menjadi 480 MW. Tujuannya agar listrik di Aceh terpenuhi dan tidak ada pemadaman bergiliran, terutama saat Ramadhan nanti.

Saluran transimisi lama ada dua jalur, yakni bagian kiri dengan kapasitas 120 MW dan saluran kanan 120 MW.

Untuk proses pengerjaan peningkatkan kapasitas transmisi,  PLN mematikan saluran sebelah kiri terlebih dulu.

Halaman
12
Editor: Amirullah
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved