Ilmuwan Sedang Mengembangkan Vaksin Pencegah Jerawat

Peneliti utama, Eric C. Huang menjelaskan, karena projek mereka termasuk projek yang sulit untuk dilakukan, butuh waktu lama bagi timnya

Ilmuwan Sedang Mengembangkan Vaksin Pencegah Jerawat
shutterstock
ilustrasi jerawat 

SERAMBINEWS.COM - Ada berita baik bagi Anda yang selama ini berperang dengan jerawat. Sebentar lagi mungkin akan ada vaksin pencegah jerawat.

Sekelompok ilmuwan dari University of California sedang meneliti vaksin untuk mengobati jerawat.

Peneliti utama, Eric C. Huang menjelaskan, karena projek mereka termasuk projek yang sulit untuk dilakukan, butuh waktu lama bagi timnya untuk dapat menciptakan vaksin yang efektif.

Huang mengatakan, "Sebagian jerawat disebabkan bakteri P. acnes yang memang ada di kulit di hampir sebagian besar waktu hidup kita.”

“Kami tidak bisa membuat vaksin sembarangan, karena ada jenis P. acnes yang baik untuk kita. Tapi, kami telah menemukan antibodi untuk melawan protein beracun yang disekresikan oleh P. acnes. Protein ini menyebabkan peradangan yang akhirnya menimbulkan jerawat," tambahnya.

Langkah selanjutnya adalah mengujicoba vaksin pada pasien dalam sebuah uji klinis. Ini bisa memakan waktu satu sampai dua tahun. "Setelah itu, jika kami berhasil, kulit kita akan bebas dari jerawat," kata Huang lagi.

Editor: Fatimah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved