Revitalisasi Dimungkinkan Karena Hutan Masih Terjaga

MENANGGAPI permintaan Abusyik itu, mantan Kepala Dinas Pengairan Aceh, Syamsul Rizal mengatakan

Revitalisasi Dimungkinkan Karena Hutan Masih Terjaga
SERAMBINEWS.COM/NURUL HAYATI

MENANGGAPI permintaan Abusyik itu, mantan Kepala Dinas Pengairan Aceh, Syamsul Rizal mengatakan, revitalisasi waduk Lhokseumani dan waduk Lhokkeumude ini merupakan pilihan yang paling realistis.

“Pertimbangan utamanya adalah sumber airnya masih bagus dengan debit air yang cukup besar. Hal ini juga tak lepas kondisi hutan yang masih terjaga, dengan kerapatan pepohonan yang masih mampu menjaga stabilitas debit air yang mengalir ke dua waduk tersebut,” jelasnya. Sehingga yang perlu dilakukan adalah memperluas dan memperdalam kolam penampungan air.

Terkait pembangunan waduk Blang Panton, di Gampong Teupin Raya, kata Syamsul Rizal, tiga tahun lalu sudah pernah dibuat rencana desainnya (DED) dan sudah pernah dibahas bersama Dinas Pengairan Aceh. Hasil pembahasan saat itu, Pemkab Pidie harus membebaskan lahan yang hendak dibangun waduk baru. Jika pembebasan lahan sudah dilaksanakan, baru kemudian Pemprov Aceh bisa membiayai pembangunan fisik terhadap waduk tersebut.

“Namun komitmen untuk membebaskan lahan itu belum juga tuntas, karena itu Pemprov Aceh pun belum bisa mengalokasikan dana pembangunan fisiknya,” jelas Samsul.

Kalaupun pembangunannya mau diusulkan kembali, kata Syamsul Rizal, Pemerintah Kabupateb Pidie harus membebaskan lahan tersebut, setelah itu dilanjutkan dengan pengajukan kembali rencana pembiayaannya. “Pemprov Aceh dimungkinkan untuk membiayai pembangunan fisik waduk ini dari sumber dana Otsus.

Wakil Ketua I DPRA, Drs Sulaiman Abda MSi pun sependapat dengan pernyataan mantan Kadis Pengairan Aceh itu. “Pada prinsipnya Pemerintah Aceh bisa membiayai pembangunan waduk, jika Pemkab Pidie menuntaskan pembebasan lahan yang akan digunakan untuk proyek terkait,” ujarnya.(her)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved