Abdya Terbaik I Bidang Perencanaan

Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terpilih sebagai kabupaten terbaik pertama Se-Aceh di bidang perencanaan

Abdya Terbaik I Bidang Perencanaan
SERAMBINEWS.COM/RAHMAT SAPUTRA
mutasi abdya 

BANDA ACEH - Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) terpilih sebagai kabupaten terbaik pertama Se-Aceh di bidang perencanaan. Atas prestasi itu, Gubernur Aceh Zaini Abdullah menyerahkan penghargaan Prof A Madjid Ibrahim kepada Bupati Abdya Ir Jufri Hasanuddin di Gedung DPRA, Senin (17/4). Jufri Hasanuddin seusai menerima penghargaan mengatakan dirinya tidak menargetkan menerima penghargaan di bidang perencanaan ini. Apa yang dilakukan selama ini hanya menjalankan rutinitas sebagaimana perintah undang-undang.

“Target kita bukan mendapatkan penghargaan, tetapi bahwa hari ini diberi penghargaan, ya tentu membanggakan. Artinya, pemerintah provinsi mengakui keberadaan kita. Mereka melihat Pemkab Abdya sudah bekerja sesuai amanah,” kata Jufri Hasanuddin.

Sedangkan Kepala Bappeda Abdya Weri SE MA mengatakan tahap awal penilaian dimulai dengan penyerahan dokumen perencanaan ke Bappeda Aceh. Dokumen yang diserahkan itu antara lain, dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka menengah Kabupaten( RPJMK), dan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten (RKPK).

Sedangkan tim penilai terdiri atas kalangan independen dan tim teknis dari pemerintah Aceh. Setelah menilai dokumen, tim penilai juga melakukan verifikasi ke lapangan. Mereka mengecek tingkat keselarasan dan sinkronisasi antara RPJP, RPJMK, dan RKPK. Mereka juga mewawancarai para keuchik, tokoh masyarakat, hingga kalangan media massa saat peninjauan lapangan. “Selain data lapangan, mereka juga mewawancarai kepala Bappeda dan meminta kita mempresentasikan. Begitupun, ini bukan prestasi individu, melainkan kerja-kerja bersama mulai dari keuchik, camat, hingga seluruh masyarakat Abdya,” kata Weri.

Dijelaskan Weri, pada tahun 2015, Abdya berada di urutan V untuk kategori perencanaan. Sedangkan tahun 2016 berada di urutan IV. “Alhamdulillah, tahun ini di urutan I. Jadi, semakin menanjak prestasi di bidang ini,” kata dia.

Selain Abdya, kabupaten lain yang menerima penghargaan serupa untuk kategori Harapan Terbaik II diraih Kabupaten Pidie, Harapan Terbaik III diraih Bener Meriah, Harapan Terbaik I diraih Aceh Selatan. Sedangkan kategori Terbaik I diraih Abdya, Terbaik II Aceh Tamiang, dan Terbaik III diraih Bireuen. Sedangkan untuk kota, Terbaik I diraih Kota Langsa, dan Terbaik II diraih Kota Sabang.(sak)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved