Ditanami Jagung

Bandara Alas Leuser Kutacane di Aceh Tenggara, Provinsi Aceh yang memiliki panjang landasan 1.627 meter dan lebar 30 meter

Ditanami Jagung
Bupati Aceh Tenggara, Hasanuddin B, menyambut Gubernur Aceh, Zaini Abdullah dan rombongan di Bandara Alas Leuser Kutacane, Minggu (12/10). SERAMBI/ ASNAWI 

Bandara Alas Leuser Kutacane di Aceh Tenggara, Provinsi Aceh yang memiliki panjang landasan 1.627 meter dan lebar 30 meter hingga awal tahun 2017 belum beroperasi. “Untuk sementara waktu, operasional penerbangan belum aktif,” tegas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Tenggara, Muhammad Ali di Kutacane, Jumat (13/1/2017).

Dalam beberapa tahun terakhir, katanya, bandara setempat selalu difungsikan sebagai transportasi udara terutama melayani penerbangan perintis dengan rute padat penumpang. Tercatat pada tahun 2016, maskapai Susi Air menerbangi rute perintis di Kutacane, terdiri dari dua tujuan yakni Banda Aceh-Kutacane pergi pulang, dan Medan-Kutacane pergi pulang.

Bandara Alas Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, yang memiliki luas sekitar 30 hektare, sebagian besar telah ditanami jagung. “Kalau jagung dan tanaman lain, milik petugas yang mengelola bandara ini (Alas Leuser),” ujar Rido (31), warga yang tinggal di sekitar bandara.

Selain itu, terpantau juga pagar yang berada di keliling sisi Bandara Alas Leuser telah jebol pada beberapa titik, sehingga penduduk setempat bebas keluar masuk dan akses langsung menuju landasan pacu.

Beberapa fasilitas pendukung bandara seperti kamar mandi, dan beberapa ruangan untuk petugas yang lazimnya digunakan,tetapi kini sebagian pintu sudah rusak. Di bagian lantai bangunan terminal baik kedatangan dan keberangkatan terlihat sangat kotor, karena jarang mendapat perawatan dari pihak terkait.(ant)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved