Citizen Reporter

Warga Jepang Gemar Menolong

BEPERGIAN sendiri dari Bandara Penang (Malaysia) ke Kansai (Jepang) dengan transit di Kuala Lumpur, ini kali kedua

Warga Jepang Gemar Menolong

OLEH JEFRIZA MSc, Mahasiswa Program Doktoral pada Universiti Sains Malaysia, melaporkan dari Kyoto University, Jepang

BEPERGIAN sendiri dari Bandara Penang (Malaysia) ke Kansai (Jepang) dengan transit di Kuala Lumpur, ini kali kedua saya lakukan ke kota yang jauh, setelah melawat ke Paris, Helsinki, dan Amsterdam.

Penerbangan selama sembilan jam dari KLIA2 ke Kansai sangatlah menarik, mengingat Kansai termasuk bandara tercanggih di dunia.

Kansai (KIX) International Airport adalah pulau buatan yang berfungsi sebagai bandara internasional, terletak di tengah-tengah Teluk Osaka atau 38 kilometer barat daya Stasiun Osaka.

Tujuan saya ke Jepang adalah untuk presentasi oral mengenai penggunaan radar data untuk gempa dan longsor di Aceh yang diadakan di Westin Miyako Hotel, Kyoto, pada 27-28 April 2017.

Karena saya pergi sehari sebelumnya, sehingga berkesempatan bepergian ke tempat seorang sahabat di Kyoto University, Ikhsan yang pernah satu sekolah S2 dengan saya di Universiti Sains Malaysia.

Saat ini Ikhsan sudah berkeluarga dan punya seorang anak yang sedang kuliah S3 di Universitas Kyoto.

Berbekal aplikasi WhatsApp dan messenger, Ikhsan memberi arahan bagaimana harus naik kereta api menuju kampusnya. Saya pun naik kereta api resmi Pemerintah Jepang, JR Kansai Airport, ke Kyobashi Station di Osaka.

Sesampai di Kyobashi Station, saya beli minuman dan onigiri (nasi hangat yang dipadatkan berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras), dilanjutkan dengan membeli tiket kereta api di mesin.

Saat itu sedang ramai pengunjung. Dengan melihat peta besar tujuan dan harga tiket ke Obaku yang tercantum di atas mesin, saya bayar tiket seharga 390 yen. Kemudian saya tekan tombol harga 390 yen dan memasukkan koin 500 yen. Sejumlah kembalian dan tiket pun keluar.

Halaman
12
Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved