Luhut Minta Anies-Sandi Tanggung Jawab Jika Jakarta Tenggelam karena Stop Reklamasi

"Kalau mau distop ya bikin aja situ stop, nanti kalau udah Jakarta tenggelam ya tanggung jawab. Jadi jangan nanti lari dari tanggung jawab,"

Luhut Minta Anies-Sandi Tanggung Jawab Jika Jakarta Tenggelam karena Stop Reklamasi
Kompas.com/Alsadad Rudi
Puluhan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia mengadakan aksi unjuk rasa di Bundaran HI, Minggu (10/4/2016). Dalam aksinya yang digelar bersamaan dengan pelaksanaan car free day itu, para mahasiswa meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut semua yang terlibat dalam perizinan proyek reklamasi di Teluk Jakarta. 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA  - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mempersilakan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, jika ingin menghentikan proyek reklamasi di Pantai Utara Jakarta.

Namun, Luhut mengingatkan proyek reklamasi sangat penting untuk mencegah Jakarta tenggelam.

"Kalau mau distop ya bikin aja situ stop, nanti kalau udah Jakarta tenggelam atau menurun, ya tanggung jawab. Jadi jangan nanti lari dari tanggung jawab di kemudian hari," kata Luhut, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Luhut mengatakan, berdasarkan kajian, tanah Jakarta akan tenggelam 8-23 cm apabila proyek pembangunan reklamasi dan tanggul laut raksasa tidak dilaksanakan.

"Enggak ada alasan kita membatalkan sampai hari ini ya," kata dia.

Luhut tak menjawab saat ditanya apakah ada rencana pertemuan dengan Anies-Sandi dalam waktu dekat untuk membicarakan proyek reklamasi.

Namun, ia menegaskan, reklamasi ini memiliki landasan hukum yang kuat.

Keputusan Presiden untuk membangun proyek reklamasi sudah diteken mulai dari Presiden kedua Soeharto hingga Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

"Bukan zamannya Pak Jokowi lho, jangan dikaitkan sama Pak Jokowi. Pak Jokowi itu hanya melanjutkan Keppres dari Pak Harto kemudian Pak SBY. Jadi landasan hukumnya sangat kuat," ujar dia.

Penghentian proyek reklamasi menjadi salah satu janji Anies-Sandi saat kampanye.

Halaman
12
Editor: Yusmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved