Objek Wisata Loyang Mendale tak Terurus

Situs Loyang Mendale adalah sebuah gua yang terletak di Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah.

Objek Wisata Loyang Mendale tak Terurus
SERAMBINEWS.COM/JALIMIN
Loyang Mendale di Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah. 

Laporan Jalimin | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Objek Wisata Loyang Mendale, Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah yang berada di lintasan Takengon- Bintang, kini tampak terurus.

Objek wisata ini dibiarkan begitu saja.Tidak ada penjaga dan petugas kebersihan dari Pemkab Aceh Tengah yang membersihkan situs sejarah ini.

Seorang warga Takengon, Aman Fadil, Kamis (11/5/2017) mengatakan, keberadaan Loyang Mendale ini tidak diperhatikan oleh pemerintah setempat.

Setiap hari, objek wisata sejarah ini tampak sepi dan menakutkan, padahal, di dalamnya tersimpan kerangka nenek moyang masyarakat Gayo yang berusia ribuan tahun.

Dikatakan, objek wisata Loyang Mendale hanya ramai dikunjungi warga saat Dr Ketut Wiradyana MSi, arkeolog Badan Arkeologi (Balar) Medan, Sumatera Utara berada di lokasi, setelah itu objek wisata ini sepi lagi. I Ketut Wiradyana merupakan peneliti dan penemu situs Loyang Mendale, pada tahun 2010 lalu. "Saya meminta agar situs Loyang Mendale ini dirawat dan dilindungi oleh pemerintah," pinta Aman Fadil.

Ia meminta, agar Loyang Mendale ini dibangun pagar, sehingga tidak diinjak-injak kerbau dan ternak lainnya.

Selain itu, untuk memikat warga agar mau berkunjung, pemerintah diimbau menggelar even mingguan atau bulanan di situs sejarah ini, sehingga menarik minat warga untuk berkunjung ke Loyang Mendale. "Sebaiknya pemerintah menggelar even rutin di situs sejarah ini, seminggu sekali atau tiap bulan, sehingga warga tertarik berkunjung," ujar Aman Fadil.

Situs Loyang Mendale adalah sebuah gua yang terletak di Kampung Mendale, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah.

Arkeolog, I Ketut Wiradyana menemukan dan menggali kuburan ini sejak tahun 2010.

Di dalamnya ditemukan kerangka manusia purba yang berusia ribuan tahun. Kerangka manusia purba ini diduga nenek moyang suku Gayo.

Penulis: Jalimin
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved