Breaking News:

Warga Aceh di Malaysia Dideportasi Setelah 4 Juli

Sekretaris I Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Dahlia Kusuma Dewi

IST
Sekretaris I Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Dahlia Kusuma Dewi 

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Sekretaris I Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Dahlia Kusuma Dewi mengatakan, proses deposisi (bersaksi di persidangan atas dasar keterangan yang awalnya dilakukan di luar pengadilan) oleh 64 penumpang boat sayur ilegal telah dilakukan di Mahkamah Majistret Klang pada tanggal 22 Juni 2017. Prosesnya berjalan lancar.

Pascadeposisi tersebut ke-64 penumpang--di luar satu tekong dan tiga kru boat--telah dilepaskan dari status sebagai saksi dan saat ini tinggal menunggu selesainya masa hukuman  mereka di penjara masing-masing.

Khusus lima penumpang perempuan, termasuk dua balita yang saat ini ditempatkan di Depo Imigrasi Semenyih, mereka sudah bisa dipulangkan ke Indonesia. "Saat ini KBRI sedang memproses pembuatan surat perjalanan laksana paspor (SPLP) untuk mereka karena tidak ada paspor," kata Dahlia kepada Serambinews.com, Jumat (23/6/2017) siang.

Berdasarkan komunikasi pihak KBRI dengan  Depo Imigrasi Semenyih, depo akan menjalani libur Lebaran hingga 30 Juni. Pada 3 Juli depo baru memasuki hari pertama kerja pascalibur Lebaran. Oleh karenanya, pemulangan kelima perempuan tersebut baru dapat dilakukan paling cepat tanggal 4 Juli 2017.

"Mohon kepada pihak keluarga yang bersangkutan dapat mempersiapkan tiket pemulangan mereka. Dari lima orang tersebut, dua orang tujuan Padang dan tiga orang tujuan Aceh," rinci Dahlia.

Berikut data ke-5 WNI yang hendak dipulangkan itu:
a) Weni Susanti
DOB 07/07/1986
Alamat: Muaro Gadang Air Haji
Kec. Lingo Sari Baganti Pesisir Selatan;

b) Agnes (anak Weni Susanti)
DOB 21/07/2014;

c) Syamsyiah Hasan
DOB 17/07/1950
Alamat: Kampung Blang Dalam Gumpang, Kecamatan Mane, Pidie, Aceh;

d) Tia Wati
DOB 01/02/1994
Kampung Ujung Pacu
Kecamatan Muara Satu,
Kota Lhokseumawe; dan

Halaman
12
Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Faisal Zamzami
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved