Enam Warga Nagan Raya Terdeteksi Kanker Serviks

Dalam tes yang dilaksanakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Nagan Raya ini, sebanyak 132 kaum perempuan mengikuti tes tersebut.

Enam Warga Nagan Raya Terdeteksi Kanker Serviks
SERAMBINEWS.COM/DEDI ISKANDAR

Laporan Dedi Iskandar | Nagan Raya

SERAMBINEWS.COM, SUKA MAKMUE-Organisasi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Nagan Raya, Rabu (5/7/2017) menemukan enam orang warga yang merupakan kaum ibu, terdeteksi kelainan serviks usai mengikuti tes dini kanker serviks yang dipusatkan di rumah sakit daerah di kawasan Ujong Fatihah, Kecamatan Kuala.

Dalam tes yang dilaksanakan oleh Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Nagan Raya ini, sebanyak 132 kaum perempuan mengikuti tes tersebut.

Ketua IBI Nagan Raya, Hj Suhermawan kepada Serambinews.com mengatakan enam warga yang terdeteksi kelainan tersebut hingga kemarin sudah dirujuk ke RSUD Nagan Raya, guna mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli, untuk memastikan hasil tes secara akurat.

Apabila nantinya benar terdeteksi, maka warga yang terdeteksi kanker serviks tersebut langsung mendapatkan penanganan secara medis.

Ia menjelaskan, penyebab kanker serviks pada kaum perempuan itu ada beberapa macam yakni, akibat berhubungan di luar nikah dan belum cukup umur, gonta ganti pasangan, merokok, melahirkan sebelum dewasa, kebanyakan melahirkan, merokok, keputihan yang terus menerus, serta kurangnya merawat dan membersihkan organ intim.

Menurutnya, penyakit ini juga bisa dicegah apabila kaum ibu yang sudah menikah, rutin memeriksakan kesehatan khususnya tes dini di rumah sakit/puskesmas terdekat, serta menjaga kesehatan, tutur Hj Suhermawan.

Ia juga menambahkan, tes dini kanker serviks yang dilakukan kemarin dalam rangka HUT IBI Nagan Raya sekaligus mendukung program nasional untuk mencegah kanker serviks bagi perempuan di Indonesia.

Penulis: Dedi Iskandar
Editor: faisal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved