Menetap di Mana Zaini Abdullah Setelah Ini?

Atau sangat mungkin juga Zaini akan kembali ke Swedia, mengingat anak-anak dan para cucunya menetap di sana.

Menetap di Mana Zaini Abdullah Setelah Ini?
ist
Muzakkir A Hamid 

Laporan Yarmen Dinamika | Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH - Hari ini, Rabu (5/7/2017) di Gedung DPR Aceh, Gubernur dr Zaini Abdullah menyerahkan jabatannya kepada gubernur Aceh terpilih, drh Irwandi Yusuf MSc, sesaat menjelang Irwandi dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Lalu, setelah ia tak lagi memimpin Aceh, di manakah Zaini akan menetap? Apakah di Banda Aceh, tempat ia dalam lima tahun terakhir memimpin Aceh atau justru di Teureubue, Pidie, kampung halamannya?

Atau sangat mungkin juga Zaini akan kembali ke Swedia, mengingat anak-anak dan para cucunya menetap di sana.

Bahkan istrinya, Hj Niazah A Hamid yang dengan setia mendampinginya bertugas di Aceh sejak 2012, masih berkewarganegaraan Swedia.

Di kota mana Zaini akan bermukim?

Ternyata Zaini yang tahun ini berumur 77 tahun sudah punya rencana tersendiri akan menetap di mana untuk menghabiskan masa tuanya.

"Abu Doto nantinya akan menetap di Aceh, tapi dalam waktu dekat akan kembali dulu ke Swedia untuk bertemu cucu dan anak-anaknya," kata Ustaz Muzakir A Hamid kepada Serambinews.com di Gedung DPRA, Rabu (5/7/2017) siang, di sela-sela pengambilan sumpah dan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh masa jabatan 2017-2022.

Muzakir A Hamid adalah adik kandung Niazah A Hamid, istri Zaini Abdullah.

Adik ipar Zaini itu mengaku sudah mendapat penjelasan baik dari kakak dan abang iparnya itu bahwa dalam waktu dekat Zaini bersama Niazah akan bertolak ke Swedia.

Sekitar 1-2 bulan di sana, mereka akan kembali ke Banda Aceh, ke rumah yang mereka sewa di Jalan Fathahillah. Setelah itu, setelah rumah yang sedang dibangun Zaini di jalan lingkar Soekarno-Hatta rampung, maka mereka akan menetap untuk  seterusnya  di rumah tersebut.

Rumah itu, menurut Muzakir, dibangun dari nol karena Zaini sebelumnya memang tak punya rumah sendiri di Aceh.

Rumah tersebut berada di kawasan Aceh Besar, meski sangat dekat dengan Banda Aceh. Dengan demikian nantinya, Zaini bersama Ny Niazah akan menjadi warga Aceh Besar.

Namun, Muzakir tak menyinggung-nyinggung soal kewarganegaraan kakak kandungnya itu.

Dalam artian, apakah sekembali dari Swedia nanti Niazah akan pindah kewarganegaraan ke Indonesia seperti yang dilakukan semuanya, Zaini Abdullah sebelum mencalon jadi gubernur Aceh pada 2012 lalu. (*)

Penulis: Yarmen Dinamika
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved