Breaking News:

Tak Hanya di Indonesia, Ini Dia Lima Tradisi Minum Kopi di Seluruh Dunia

Di Indonesia, sebagian orang biasa minum kopi di pagi hari, sebelum memulai aktivitas bekerja. Namun, tak sedikit pula orang

Editor: Fatimah
thinkstockphotos.com
Ilustrasi 

SERAMBINEWS.COM - Para pecinta kopi tentu gembira karena hasil studi terbaru menunjukkan bahwa minum kopi lebih banyak bisa meningkatkan kemungkinan berumur panjang. Tiga cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker dan penyakit ginjal.

Tapi mungkin, tujuan sebagian besar orang minum kopi bukanlah agar panjang umur, melainkan agar tetap terjaga.

Atau bisa juga, cita rasa dan aroma kopi-lah yang membuat kita jatuh cinta dan menjadi peminum kopi. Satu hal yang tak kalah penting, mungkin saja kita menjadi peminum kopi karena aktivitas "ngopi" memang telah menjadi budaya kita.

Di Indonesia, sebagian orang biasa minum kopi di pagi hari, sebelum memulai aktivitas bekerja. Namun, tak sedikit pula orang yang biasa minum kopi di malam hari, untuk melepas penat selepas bekerja seharian.

Pada waktu-waktu ini, kedai kopi akan ramai pengunjung. Orang-orang biasa menikmati kopi sembari bersosialisasi dengan kawan-kawannya atau sekadar bersantai.

Budaya ngopi tak hanya ada di Indonesia. Negara-negara lain juga memiliki budaya tersebut meski dengan waktu penyajian dan penyebutan berbeda. Dengan ditemani camilan dan obrolan ringan, tampaknya, kopi telah menjadi minuman universal yang bisa menyatukan orang-orang dengan latar belakang bangsa dan budaya berbeda.

Berikut ini beberapa tradisi jeda minum kopi dari seluruh dunia yang menarik untuk Anda simak:

Fika

Di Swedia, Fika merupakan waktu minum kopi yang menjadi rutinitas di hari-hari kerja. Para pekerja mendapat kesempatan untuk mengobrol dan mengudap kue-kue manis. Kedai-kedai kopi biasanya didesain tak jauh-jauh dari konsep Fika, sehingga orang-orang bisa melewatkan waktu mereka dengan bersantai, bersosialisasi, dan menikmati kopi mereka.

Merienda

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved