Masyarakat Gayo Gelar Aksi Dukung Palestina

Ratusan warga Aceh Tengah dan Bener Meriah yang berasal dari berbagai organisasi melakukan aksi gabungan untuk mendukung kemerdekaan

Masyarakat Gayo Gelar Aksi Dukung Palestina
SERAMBI/MAHYADI
Pelajar membawa spanduk dalam aksi gabungan organisasi serta masyarakat Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, di KotaTakengon, Jumat (28/7). Aksi tersebut, untuk mendukung Palestina lepas dari penjajahan Israel. SERAMBI/MAHYADI 

TAKENGON - Ratusan warga Aceh Tengah dan Bener Meriah yang berasal dari berbagai organisasi melakukan aksi gabungan untuk mendukung kemerdekaan rakyat Palestina. Aksi yang dilaksanakan, Jumat (28/7), sekitar pukul 10.00 WIB itu, diwarnai dengan sejumlah kegiatan, diantaranya konvoi, pertunjukan teatrikal, penggalangan dana serta shalat Jumat di Masjid Agung Ruhama, Takengon.

Koordinator lapangan aksi gabungan, Feriyanto mengatakan digelarnya aksi gabungan tersebut, merupakan aksi pertama yang melibatkan seluruh organisasi masyarakat Aceh Tengah dan Bener Meriah untuk menginginkan kemerdekaan Palestina. “Kami mewakili masyarakat Gayo menginginkan Palestina merdeka,” kata Feriyanto.

Dia menuturkan, yang disampaikan tersebut, merupakan nilai yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945, bahwa bangsa Indonesia menolak atas bentuk penjajahan karena tidak sesuai dengan prikemanusiaan dan keadilan. “Untuk itu merdeka adalah hak setiap bangsa yang harus sama-sama kita junjung dan sama-sama kita perjuangakan,” ujar Feriyanto dalam orasinya.

Hal senada disampaikan Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Komisariat Aceh Tengah, Mukhlisin. Dia menyebutkan, bahwa muslim yang satu dengan yang lain adalah saudara. “Ibarat satu tubuh, apabila satu bagian tersakiti, maka seluruh tubuh akan merasakan sakit,” sebutnya.

Mukhlisin melanjutkan, bahwa rakyat Palestina yang merupakan saudara sesama Muslim telah ditindas oleh Israel yang telah menunjukan arogansinya dengan melakukan penyerangan besar - besaran terhadap warga sipil. “Maka hari ini masyarakat Gayo memberikan dukungan untuk warga Palestina agar dapat segera terbebas dari segala bentuk penderitaan,” ucap Mukhlisin.

Selain berorasi, massa juga menyampaikan lima poin suara Gayo untuk Palestina. Aksi gabungan tersebut, diwarnai dengan konvoi keliling Kota Takengon, mulai dari Masjid Agung Ruhama menuju Simpang Lima, Simpang Wariji dan kembali ke Masjid Ruhama’ ).

Selain itu aksi tersebut, juga diisi dengan pertunjukan teatrikal dari SMP IT Az-Zahra, dan penggalangan dana. Kegiatan dilanjutkan dengan shalat Jum’at di Masjid Agung Ruhama dan kemudian kemudian ditutup dengan doa bersama. Sedangkan, dalam aksi konvoi mengitari Kota Takengon, para peserta aksi juga membawa bendera Palestina, serta spanduk bertuliskan dukungan terhadap Palestina.(my)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved