KUPI BEUNGOH

Bekerja untuk Akhirat

Rasulullah sudah jauh-jauh hari mengajarkan untuk memberikan totalitas hidup kita pada pekerjaan dengan menikmati dan mengupgrade kualitas diri.

Bekerja untuk Akhirat
Azmi Abu Bakar 

RASULALLAH Saw 14 abad yang lalu telah memberikan pengajaran mulia kepada para sahabat bahwa hidup di dunia adalah bagian dari investasi akhirat.

Kenikmatan yang kita dapatkan di dunia berupa rezeki dan umur hanyalah panjar yang diberikan di dunia, dan Allah akan memberikannya secara totalitas di akhirat kelak.

Islam adalah agama yang memberikan motivasi seimbang bagi umatnya untuk berkerja secara totalitas. Ada sebuah kekeliruan besar yang terjadi dalam masyarakat dalam memahami hakikat kerja, dimana uang menjadi segalanya.

Parahnya lagi ketika budaya berkerja  kemudian dipaksa berbaur dengan budaya negatif seperti rasa malas, dan rasa ingin mendapat banyak hak daripada kewajiban.

Rasulullah sudah jauh-jauh hari mengajarkan untuk memberikan totalitas hidup kita pada pekerjaan dengan menikmati dan mengupgrade kualitas diri.

Hal ini tercermin ketika Rasulullah yang berposisi sebagai manajer memberikan contoh manajemen yang baik kepada para sahabat dengan porsi tugas sesuai dengan keahliannya.

Proses pengembangan diri yang dibentuk pada sahabat kemudian memunculkan jati diri sahabat yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Di bawah bimbingan Rasulullah  sendiri telah melahirkan kualitas sahabat dengan karakter yang berbeda. Bahwa Rasulullah memuji para sahabatnya dengan bersabda; ashhabi kan nujum; para sahabatku seperti bintang.  Dimana karakter ini sendiri tak bisa diubah tetapi dibalut secara rapi dalam nilai-nilai ilahiyah.

Khalifah Abubakar karena usianya yang sebaya dengan Rasulullah manjadi sahabat  paling bijak diantara yang lain.

Banyak sekali literatur yang menulis tentang keutamaan sahabat mulia ini. Umar di kala masa jahiliyah adalah seorang yang keras wataknya, tetapi Umar mudah luluh melihat kekurangan di sekitar berupa kemiskinan.

Halaman
123
Editor: Amirullah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved