Terkait Gugatan UU Pemilu ke MK, Seluruh Komisi A DPRK di Aceh Diminta Mendukung

"Kita harap semua stakeholder di tingkat kabupaten mendukung penuh gugatan yang diajukan para pihak ke MK ini.

Terkait Gugatan UU Pemilu ke MK, Seluruh Komisi A DPRK di Aceh Diminta Mendukung
ist
Ketua LSM Geurakan Peujroh Gampong (Geupeugom) Zainal Abidin SE. 

Laporan Seni Hendri | Aceh Timur

SERAMBINEWS.COM, IDI - Ketua LSM Geurakan Peujroh Gampong (Geupeugom) Zainal Abidin SE mengapresiasi tindakan dua anggota DPRA, dua Komisioner KIP Aceh, dan seorang warga Julok, Aceh Timur, yang telah menggugat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta, terkait dicabutnya dua pasal di UUPA Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh.

Kedua Pasal yang dicabut tersebut yakni Pasal 57 dan 60.

Pasal 57 mengatur tentang kedudukan KIP sedangkan Pasal 60 mengatur tentang Panwaslih di Aceh.

Baca: Gugatan Kautsar dan Tiyong Dianggap Lemah

Kedua anggota DPRA yang mengajukan gugatan yaitu Kautsar Muhammad Yus dan Samsul Bahri Bin Amiren alias Tiong, sedangkan dua Komisioner KIP Aceh yang mengajukan gugatan uji materi atau judicial review yaitu Hendra Fauzi, dan Robby Syahputra, sedangkan seorang warga Julok, Aceh Timur, diajukan oleh Feri Munandar.

Pun demikian, ungkap mantan Komisioner Panwaslih Aceh Timur ini, perlu dukungan penuh dari semua unsur elemen dan pihak terkait untuk merespon gugatan yang diajukan para pihak ke MK terkait UU Pemilu ini.

"Perlu dukungan dari semua pihak guna mempertahankan kewenangan dan kekhususan Aceh dalam urusan Pemilu," ungkap Zainal.

Baca: Dua Anggota KIP Aceh Daftarkan Gugatan Judicial Review UU Pemilu ke Mahkamah Konstitusi

Belajar dari proses Pilkada 2017 lalu, kata Zainal, banyak lembaga penyelenggara dan Pengawas Pilkada di Aceh yang telah dijatuhkan sanksi atau diperbaiki nama baiknya oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) terkait laporan peserta pemilu yang menduga penyelenggara pemilu telah melanggar kode etik dan memihak.

Halaman
12
Penulis: Seni Hendri
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved