Pertamina Tambah Solar ke Pijay

Pertamina menambah pasokan solar ke Pidie Jaya (Pijay) sebesar 3 kiloliter/hari untuk mengantisipasi pemenuhan kebutuhan nelayan

Pertamina Tambah Solar ke Pijay
Petugas beraktivitas di Terminal BBM Krueng Raya, Aceh Besar, Rabu (21/6). PT Pertamina MOR I menambah persediaan BBM jenis bensin, pertalite, pertamax, solar, dan biosolar antara tiga hingga 23 persen dari jumlah pemakaian harian di Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, dan Kepulauan Riau, guna mengantisipasi meningkatnya permintaan pada masa mudik dan Idulfitri 1438 H. ANTARA/Irwansyah Putra 

BANDA ACEH - Pertamina menambah pasokan solar ke Pidie Jaya (Pijay) sebesar 3 kiloliter/hari untuk mengantisipasi pemenuhan kebutuhan nelayan di daerah tersebut. Selama ini Pertamina MOR I Branch Aceh juga menyalurkan secara normal produk bio solar ke Pijay sebanyak 26 kiloliter/hari.

Informasi ini disampaikan Officer Communication and Relations Pertamina Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Arya Yusa Dwicandra dalam rilis yang diterima Serambi, Jumat (22/9). Hal tersebut disampaikannya menanggapi pemberitaan di Harian Serambi Indonesia, edisi Rabu (20/9) dengan judul “Pijay Krisis Solar, Nelayan tak Melaut”.

Dalam pemberitaan itu, dilaporkan bahwa krisis bahan bakar minyak (BBM) jenis bio solar di Pijay dalam satu bulan terakhir, membuat para nelayan di daerah tersebut tidak melaut. Padahal, nelayan merupakan pihak yang secara khusus diberikan akses untuk menggunakan solar bersubsidi.

Kebutuhan solar untuk boat nelayan sedikitnya dua jeriken (80 liter/hari). Kebutuhan itu sulit didapatkan nelayan karena persediaan solar di SPBU Meurahdua dan SPBU Bandardua yang merupakan tempat biasa nelayan membeli solar sangat terbatas.

Seorang nelayan di kawasan Teupin Pukat, Zulkifli menyampaikan seharusnya pemerintah membangun SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Nelayan) di Pijay. Sehingga para nelayan tidak perlu berebut solar dengan warga yang tak berhak menggunakan solar bersubsidi.

Dalam hal ini, Arya menyampaikan bahwa solar merupakan barang bersubsidi sesuai perpres 191/2014 sehingga penyalurannya harus sesuai peruntukannya. “Untuk wilayah Pijay saat ini dilayani melalui tiga SPBU, yaitu SPBU 142414469 Paru Cot, SPBU 14241483 Meureudu, dan SPBU 14241413 Ulee Glee,” sebutnya. Dikatakan, Pertamina hingga kini belum memiliki SPBU khusus nelayan sehingga pembelian BBM untuk nelayan masih melalui SPBU umum.(una)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved