Breaking News:

RS Pertamedika Banda Aceh akan Layani Pasien Cuci Darah

Menurutnya, penyediaan fasilitas itu juga untuk mengantisipasi pasien cuci darah yang terus melimpah.

Penulis: Muhammad Nasir | Editor: Zaenal
abulyatama.ac.id
RS Pertamedika Ummi Rosnati 

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) Banda Aceh, mulai melayani cuci darah atau Hemodialisa (HD).

Peluncuran fasilitas layanan cuci darah itu bertepatan dengan HUT ke-2 rumah sakit tersebut, Kamis (28/9/2017).

Direktur RSPUR, Dr Rahmad MARS menyampaikan, penyediaan pelayanan cuci darah sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Menurutnya, penyediaan fasilitas itu juga untuk mengantisipasi pasien cuci darah yang terus melimpah.

“Segala persyaratan saat ini sudah dilengkapi, soft launching ini hanya sebagai informasi saja kepada publik, untuk pelayanannya kita hanya menunggu izin dari dinkes setempat saja,” ujar dr Rahmad kemarin.

(Baca: Julia Perez Harus Cuci Darah Setiap Hari)

(Baca: Cuci Darah Gratis di Madinah)

Ia menyampaikan, saat ini RSPUR sudah memiliki empat unit mesin Hemodialisa tipe terbaru, yang akan siap melayani pasien cuci darah.

Diharapkan tahun depan pihak rumah sakit dapat menambahkan mesinnya menjadi delapan unit, sehingga pelayanan terhadap pasien semakin maksimal.

Mesin Hemodialisa digunakan untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit, juga membantu mengeluarkan zat-zat sisa atau zat yang bersifat racun dari dalam tubuh pasien.

Dalam memberikan pelayanan, RSPUR juga sudah bekerja sama dengan BPJS/ JKN dan KIS. Sehingga pasien peserta asuransi kesehatan pemerintah sudah dapat dilayani di rumah sakit tersebut. Menurut dr Rahmad tindakan terhadap pasien cuci akan segera dilaksanakan jika izin pemerintah sudah dikeluarkan.

RSPUR merupakan Rumah Sakit umum swasta tipe C milik Universitas Abulyatama, yang dijalankan oleh Kerja Sama Operasional (KSO) antara PT Rosnati dan Pertamina Bina Medika (Pertamedika). Saat ini rumah sakit ini memiliki 172 tempat tidur, serta didukung oleh sejumlah fasilitas seperti CT SCAN 128 Slice, mesin Hemodialisa, radiologi, dan USG 4 Dimensi. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved