Anggaran Panwaslih tak Ada dalam APBK-P Aceh Selatan

Anggaran untuk kegiatan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) ternyata tidak ada dalam APBK

Anggaran Panwaslih tak Ada dalam APBK-P Aceh Selatan
net
Ilustrasi

TAPAKTUAN - Anggaran untuk kegiatan Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) ternyata tidak ada dalam APBK Perubahan Aceh Selatan 2017. Padahal, terhitung dari bulan Oktober ini tahapan Pilkada 2018 sudah dimulai.

Hal itu diungkapkan Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Drs Safli Alian, dalam Komperensi Pers yang berlangsung di Tapaktuan, Senin (2/10). Ia turut didampingi Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Hendra Syahputra SSos I dan Devisi Humas dan Sosialisasi, Satria Darma SE.

“Panwaslih tidak pernah dipanggil oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRK Aceh Selatan, dan anggaran Panwaslih juga tidak dimasukkan dalam pembahasan APBK-P,” ungkap Safli Alian.

Dana operasional dikatakannya, sangat penting dalam melakukan pengawasan Pilkada 2018, baik tahapan maupun pelaksanaan. Tanpa dana operasional, pengawasan menjadi tidak maksimal, dan pada akhirnya Pilkada menjadi rawan gugatan.

Hal ini juga diamini Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran, Hendra Syahputra. Dia katakan, ketiadaan anggaran akan berdampak pada terkendalanya operasional Sekretariat Panwaslih dan rekrutmen Panwascam dan PPL.

“Juga kita takutkan, ada tahapan-tahapan Pilkada yang luput dari pengawasan akibat tidak ada anggaran dan personel,” tambah Hendra.

Atas situasi tersebut, pihaknya berharap ada kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk mendorong dalam pengawasan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati. “Kami pernah mengusulkan anggaran untuk operasional Panwaslih. Namun setelah selesainya pembahasan antara tim TPAD dan Banggar DPRK, kami tidak pernah dipanggil,” ujarnya.(tz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved