Breaking News:

Warga Batee Dambakan Air PDAM

Warga Kecamatan Batee, hingga kini masih sulit mendapat suplai air bersih karena belum mendapat distribusi air

Editor: bakri
Pekerja menyambung pipa induk 500 mm ke pipa cabang 300 mm di kawasan Meunasah Manyang PA, Ingin Jaya, Aceh Besar SERAMBI/BUDI FATRIA 

SIGLI - Warga Kecamatan Batee, hingga kini masih sulit mendapat suplai air bersih karena belum mendapat distribusi air dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mon Krueng Baro, Sigli. Rata-rata warga di daerah ini membeli dari pedagang air keliling. Karena untuk memenuhi kebutuhan air dari sumur gali, tidak mungkin dilakukan, sebab kawasan ini berada di pesisir pantai. Sehingga air tanahnya keruh dan asin.

“Kami sangat mengharapkan perhatian Pemkab Pidie, supaya air bersih dari PDAM dapat segera dialirkan ke wilayah kami,” pinta Tgk Razali (60), tokoh masyarakat Batee, Pidie, Rabu (4/10).

Ia mengatakan, hampir seluruh keluarga di kecamatan tersebut, setiap hari membeli air bersih yang dibawa pedagang keliling dengan harga Rp 5.000 per jeriken. Hal ini karena sumber air bersih di daerah itu sulit ditemukan. Selain berada dekat pantai, sebagian daerah itu pun di kelilingi bukit batu kapur.

“Untuk mencuci dan mandi, warga menggunakan air dari sumur bor yang keruh dan sedikit asin. Sedangkan untuk minum dan memasak, warga harus membelinya dari pedagang air,” kata Razali.

Warga Kecamatan Batee lainnya, Kamaruddin, menyayangkan kurangnya perhatian Pemkab Pidie kepada masyarakat Kecamatan Batee, khususnya dalam sektor penyediaan air bersih.

“Padahal persoalan air bersih ini tanggung jawab pemerintah khususnya Pemkab Pidie dalam menjamin ketersedian dan pengelolaan sumber daya air demi kelangsungan hidup dan kesejahteraan masyarakat. Meski begitu, kebutuhan dasar terhadap masyarakat yang hidup di daerah pesisir Kecamatan Bate selama ini masih diabaikan.

Menurutnya, masyarakat di daerah ini sudah sering mengeluhkan sulitnya mendapat air bersih. Namun keluhan ini tidak pernah ditanggapi oleh Pemkab Pidie maupun pihak PDAM Tirta Mon Krueng Baro.(aya)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved