LSM Minta Dana Desa Diaudit

Forum LSM Aceh meminta Inspektorat untuk mengaudit dana maupun program desa di seluruh kabupaten

LSM Minta Dana Desa Diaudit
Kantor Keuchik Pungkie, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat disegel masyarakat terkait protes dana desa. 

BANDA ACEH - Forum LSM Aceh meminta Inspektorat untuk mengaudit dana maupun program desa di seluruh kabupaten/kota se-Aceh. Dengan audit keuangan dan program, semua pihak yang berkepentingan terhadap dana desa bisa melihat dampak langsung dan tidak langsung dari program yang telah dijalankan.

Hal itu disampaikan Sekjen Forum LSM Aceh, Sudirman Hasan dalam rilis yang diterima Serambi, Rabu (4/10). Dia mengatakan, amatan Forum LSM Aceh hingga tahun ketiga program desa diluncurkan, banyak aparatur gampong yang cuma fokus pada pertanggungjawaban keuangan saja. “Targetnya yang penting bisa dipertanggungjawabkan secara keuangannya saja, padahal bukan hanya itu tujuan utama program ini,” ujarnya.

Sudirman menambahkan, audit juga diperlukan bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Dengan adanya audit, pemerintah bisa tahu pengalokasian dana tersebut menguntungkan atau malah merugikan. “Tanpa diaudit, maka ditakutkan tiap tahun kucuran dana desa ke BUMDes itu hilang tak berbekas, tidak membawa kesejahteraan di desa,” jelas dia.

Dia menambahkan, contoh penyelewengan dana desa yaitu membangun saluran air tapi tenyata sawahnya tidak ada. Selain itu, ada aparatur gampong yang membangun jalan untuk kepentingan elit desa. “Kami juga menemukan pembangunan infrastruktur dari dana desa yang terbengkalai atau malah rusak sebelum digunakan,” beber Sudirman.

Menurutnya, Forum LSM Aceh sudah mengkhawatirkan program dana desa dapat menjadi momok bagi aparatur desa, karena tidak dilakukan pendampingan secara serius. Bahkan di pemberitaan banyak oknum kepala desa yang bermasalah dan akhirnya masuk ke penjara. “Maka dari itu, perlu diaudit keuangan dan program untuk menghindari tidak tercapainya tujuan dari peruntukan dana desa ini,” tukasnya. (fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved