Jamaah Kloter Terakhir Tiba

Jamaah haji Aceh kloter 11, Kamis (5/10) pukul 21.35 WIB tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar

Jamaah Kloter Terakhir Tiba
Jamaah haji kloter pertama SERAMBI/BUDI FATRIA 

BANDA ACEH - Jamaah haji Aceh kloter 11, Kamis (5/10) pukul 21.35 WIB tiba di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blangbintang, Aceh Besar. Kloter dengan jumlah jamaah 390 orang ini merupakan kloter terakhir Aceh sekaligus kloter terakhir jamaah Indonesia yang tiba di Tanah Air.

Koordinator Keprotokolan dan Humas PPPIH Debarkasi Aceh, H Rusli Lc MSi kepada Serambi, kemarin, mengatakan, jamaah haji kloter terakhir itu berasal dari Aceh Timur, Aceh Tamiang, Gayo Lues, dan Langsa. Saat berangkat, jamaah kloter ini sebanyak 393 orang. Tapi, saat kembali hanya 390 orang. Sebab, tiga jamaah meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji.

Ketiga jamaah itu adalah Ainul Mardhiah Muhammad Jafar, asal Dusun Pulo Ibouh Lhok Dalam Kecamatan Peureulak, Aceh Timur yang meninggal pada 5 September 2017, Rusli Ahmad Usman, asal Seuneubok Pidie, Peureulak, 14 September 2017, dan Muhammad Usman Husen asal Dusun Matang Gleum, Kecamatan Peureulak, meninggal pada 19 September 2017.

Ketiga jamaah tersebut sudah dimakamkan di kawasan Sharayya, Mekkah. Dalam musim haji tahun ini, total jamaah asal Aceh yang meninggal dunia di Tanah Suci sebanyak 24 orang. Sementara jamaah haji Aceh yang berangkat tahun ini seluruhnya berjumlah 4.463 orang.

“Alhamdulillah, semua proses perjalanan jamaah haji Aceh mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan berjalan sempurna. Semoga semua jamaah kloter 1 sampai kloter 11 menjadi haji mabrur,” ujar Rusli.

Sementara itu, Ketua PPIH Embarkasi Aceh, Drs HM Daud Pakeh, menyampaikan, kesuksesan pelaksanaan ibadah haji tahun ini berkat kerja keras dari PPIH embarkasi, petugas kloter-nonkloter, dan semua pihak lain yang sudah ikut membantu secara langsung dan tak langsung.

Disebutkan, saat ini masih ada tiga jamaah Aceh yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi. Dua orang di antaranya dirawat di Mekkah dan satu jamaah lainnya di Madinah. “Total jamaah Haji Aceh yang sudah kembali ke tanah air sebanyak 4.436 orang,” pungkas Daud Pakeh.(mun)

Editor: hasyim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved