Breaking News:

Pipa Distribusi Gas Rumah Tangga Rusak di Aceh Utara, Ini Penyebabnya

beberapa pekan lalu, kerusakan pipa distribusi juga terjadi di kawasan Batuphat Barat, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.

Penulis: Saiful Bahri | Editor: Muhammad Hadi
Foto Ilustrasi - Ketika dulu menteri ESDM Sudirman Said (tengah) didampingi President Director PT Pertamina Gas (Pertagas) Hendra Jaya (kanan) meninjau lokasi PT PLN Sektor Pembangkitan Belawan pada Pengoperasian Pipa Arun - Belawan, di Medan, Sumut, Kamis (11/12). Proyek pipa gas berkapasitas 300 million standard cubic feet per day (MMSCFD) dengan panjang 350 kilometer tersebut, diharapkan mampu menanggulangi krisis listrik dan memenuhi kebutuhan energi industri di wilayah Sumut - Aceh. ANTARA/Irsan Mulyadi 

Laporan Saiful Bahri | Lhokseumawe

SERAMBINEWS.COM, LHOKSEUMAWE – Suplai gas rumah tangga ke sekitar 100-an pelanggan di kawasan Desa Meunasah Tutong dan Desa Matang Ben, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, dilaporkan kembali macet dalam beberapa hari terakhir.

Ini menyusul terjadinya kerusakan pipa distribusi di kawasan tersebut.

Baca: Pipa Gas Arun-Belawan Diujicoba

Sedangkan beberapa pekan lalu, kerusakan pipa distribusi juga terjadi di kawasan Batuphat Barat, Kecamatan Muara Satu, Lhokseumawe.  

Penyebab kerusakan pipa distribusi gas di Lhoksukon dan Muara Satu, sama, yakni akibat adanya pekerjaan penggalian oleh warga tanpa berkoordinasi dengan PT Perta Gas Niaga atau BUMD.  

Manajer Humas PT Perta Gas Niaga, Ratna Dumila, kepada Serambinews.com menjelaskan, kerusakan pipa distribusi gas di Lhoksukon sudah terjadi sejak Senin (16/10/201).

Kerusakan pipa kali ini akibat adanya penggalian parit menggunakan eskavator yang dilakukan oleh warga di sekitar lokasi jaringan gas.

“Ini merupakan kejadian yang kedua kalinya, dimana sebelumnya juga terjadi di Lhokseumawe," ujarnya.

Baca: Asyik Ngopi di Lhokseumawe, Sepmor Pemuda Aceh Utara Raib, Begini Selanjutnya

Jadi kembali diimbau pada semua kalangan, bila ada kegiatan proyek yang berlangsung di wilayah beroperasinya jaringan gas kota di Lhokseumawe dan Lhoksukon, dapat berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihaknya maupun BUMD setempat.

"Ini penting untuk menghindari terjadinya kebocoran pipa jaringan gas kota yang tentunya sangat merugikan masyarakat,” imbaunya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved