Catat Baik-baik, Ini Pesan Dani Pedrosa buat Pecinta Balap Liar

Salah satunya dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, bukan hanya mengedepankan gaya tapi fungsi.

Catat Baik-baik, Ini Pesan Dani Pedrosa buat Pecinta Balap Liar
AFP/ROBERT MICHAEL
Dani Pedrosa 

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Beberapa waktu lalu sempat heboh masalah balap liar ala pebalap MotoGP dengan gaya menikung yang kerap disebut cornering.

Sayangnya, hal tersebut bukan dilakukan di lintasan balap, melainkan jalan raya, di Kawasan Tugu Monas, atau biasa disebut Monasco.

Bicara soal faktor keselamatan, sudah tentu sangat berbahaya karena dilakukan di jalan umum yang notabennya juga banyak pengendara lain.

Belum lagi aksi tersebut rata-rata dilakukan oleh pebalap green driver alias pemula, jauh dari tingkat profesional.

(Baca: Dani Pedrosa Bantah Akan Pensiun dari Dunia Balap MotoGP)

Aksi kebut liar di jalan raya rupanya jadi salah satu sorotan utama bagi pebalap MotoGP Repsol Honda Dani Pedrosa yang beberapa hari lalu datang ke Indonesia.

Menurut Pedrosa, bagi pengendara motor yang suka kebut-kebutan di jalan raya dan memiliki adrenalin tinggi, baiknya melakukan aksi tersebut di lintasan yang semestinya, bukan di jalan raya.

Para remaja sedang beraksi balap liar di kawasan Bireuen, Rabu (24/6) pagi mereka terpaksa dibubarkan POM Bireuen. SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS
Para remaja sedang beraksi balap liar di kawasan Bireuen, Rabu (24/6) pagi mereka terpaksa dibubarkan POM Bireuen. SERAMBI/YUSMANDIN IDRIS ()

"Harus selalu diingat, jalanan (jalan raya) bukan tempat untuk ngebut. Jalanan dibuat sebagai sarana untuk mengantar kita dari satu tempat ke tempat yang lain, dan ada banyak orang yang menggunakannya selain kita," ucap Pedrosa dalam siaran resmi Michelin, Rabu (18/10/2017).

Menurut Pedrosa, melakukan balap liar merupakan bentuk penyaluran yang tidak tepat.

Karena selain merugikan diri sendiri bisa membuat orang lain celaka.

(Baca: Tabrakan Dua Bus Sempati Star di Aceh Utara, Dua Tewas dan 14 Luka-luka)

Seorang remaja terjatuh ketika saling kejar-kejaran saat balap liar di kawasan Ulee Lheue, Banda Aceh, Minggu (21/8) pagi. Aksi balap liar yang  tidak jauh dari Polsek  Ulee Lheue itu, sudah berlangsung setiap pagi minggu selama bulan ramadhan. SERAMBI/BUDI FATRIA
Seorang remaja terjatuh ketika saling kejar-kejaran saat balap liar di kawasan Ulee Lheue, Banda Aceh, Minggu (21/8) pagi. Aksi balap liar yang tidak jauh dari Polsek Ulee Lheue itu, sudah berlangsung setiap pagi minggu selama bulan ramadhan. SERAMBI/BUDI FATRIA ()

Pedrosa juga mengingatkan untuk selalu berkendara aman di jalan.

Salah satunya dengan menggunakan perlengkapan berkendara yang aman, bukan hanya mengedepankan gaya tapi fungsi.

"Tubuh anda adalah bagian penting yang harus dilindungi, jadi dalam memilih perlengkapan berkendara sudah tentu yang aman harus diutamakan," kata rekan balap Marc Marquez.

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesan Dani Pedrosa buat Pecinta Balap Liar".

Editor: Zaenal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved