Alhamdulillah, Hujan Akhirnya Turun dan Padamkan Kebakaran Lahan di Abdya

"Alhamdulillah. Hujan yang mengguyur malam ini mampu memadamkan api yang membakar lahan kelapa sawit, sehingga tidak meluas,"

Alhamdulillah, Hujan Akhirnya Turun dan Padamkan Kebakaran Lahan di Abdya
SERAMBINEWS.COM/DEDI ISKANDAR
Ilustrasi 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya

SERAMBINEWS.COM, BLANGPIDIE - Setelah sepekan lebih didera suhu udara panas dengan terik matahari menyengat, akhirnya hujan mengguyur kawasan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (24/10/2017), malam ini.

Hujan turun sekira pukul 20.30 WIB membawa berkah bagi petani kelapa sawit daerah itu. Betapa tidak, hujan intensitas sedang tersebut sangat membantu mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta lahan kebun kelapa sawit yang melanda selama beberapa hari terakhir.

(Baca: Meluas, Kebakaran Lahan di Aceh Barat)

"Alhamdulillah. Hujan yang mengguyur malam ini mampu memadamkan api yang membakar lahan kelapa sawit, sehingga tidak meluas," kata Tgk Abu Bakar Al-Bayani, warga Desa Pante Rakyat, Babahrot kepada Serambinews.com, malam ini.

Pimpinan sebuah dayah di Babahrot, ini sangat bersyukur karena kebun sawit miliknya di kawasan Simpang Labu, Desa Rukoen Dame selamat dari amukan api yang merambat dari kebakaran lahan kosong (lahan insiden) di sekitar lokasi kebun sawit.

Padahal, areal kebun sawit tersebut dan kebun sawit milik sejumlah petani lainnya sangat terancam dilumat api yang membakar lahan kosong tersebut.

(Baca: Polisi yang Tertidur di Lokasi Kebakaran Lahan itu Bernama Agoes)

Malahan sekitar 4 hektare kebun sawit milik tiga petani musnah dimangsa api.

"Tapi api yang menyala dari kebakaran lahan sudah padam setelah diguyur hujan," katanya.

Pada hari Minggu (22/10/2017), sedikitnya muncul dua titik api di kawasan Kecamatan Babahrot, yaitu lokasi lahan Insiden, kawasan Desa Rukoen Dame, dan lokasi pegunungan kawasan Dusun Sejahtera (Alue Baneng), Desa Ie Mirah.

Api yang membakar lahan kosong yang dinamakan lahan insiden terus meluas, kemudian membakar lahan kebun kelapa sawit milik sejumlah petani di sekitar lokasi.

(Baca: Viral! Foto Anggota Polda Aceh Tertidur Lelap di Lokasi Kebakaran Lahan di Aceh Barat)

Sedang upaya pemadaman dengan bantuan mobil pemadam kebakaran terkendala karena tidak ada akses jalan ke lokasi. (*)

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved