Langsa Bangun Hutan Kota

Pemerintah Kota Langsa kembali membangun hutan kota dan kali ini lokasi yang dipilih yakni areal Tempat Pembuang

Langsa Bangun Hutan Kota
WAKIL Wali Kota Langsa, Marzuki Hamid Ketua Balai PDASPHL Krueng Aceh, Ahmad Sofyan, Kepala DLH, Umar, Ketua PN Langsa, Heri Kurniawan SH MH, Waka Polres Langsa, Kopol Chandra Hadi Siswara SIK, Kepala Bank Aceh Syariah Langsa, Lukman Hakim menanam pohon di hutan lindung sekitar TPA sampah di Gampong Pondok Keumuning, Selasa (14/11). 

* Di Lokasi TPA Sampah

LANGSA - Pemerintah Kota Langsa kembali membangun hutan kota dan kali ini lokasi yang dipilih yakni areal Tempat Pembuang Akhir (TPA) sampah di Gampong Pondok Keumuning, Kecamatan Langsa Lama, yang berdekatan dengan kawasan hutan lindung.

Hutan kota yang diharapkan dapat meminimalisir kerusakan lingkungan ini, diresmikan Selasa (15/11) oleh Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid MM, ditandai dengan penanaman 350 bibit pohon dari berbagai jenis di lokasi tersebut. Sebelumnya, di lokasi itu juga telah ditanami 32.000 batang pohon.

“Dengan membangun hutan kota di areal TPA sampah, menjadikan lokasi ini bukan hanya sekedar tempat pembuangan sampah, tapi juga berfungsi sebagai penyangga hutan lindung, bahkan berpotensi menjadi lokasi agrowisata,” kata Marzuki Hamid. Karena pohon yang ditanam di lokasi itu kebanyakan adalah tanaman buah yang bisa dikonsumsi.

Ia menambahkan, penanaman pohon sebagai langkah penghijauan kota di Langsa ini, terus digalakkan bahkan melibatkan para PNS di jajaran Pemko Langsa. “Minimal mereka menanam dua bibit pohon, dan penanamannya tidak mesti di hutan, tetapi bisa di rumah,” katanya.

Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Pengawasan Hutan Lindung (BPDASPHL) Krueng Aceh, Ahmad Sofyan, yang menghadiri peresmian Hutan Kota di areal TPA sampah di Langsa, dalam kesempatan itu juga menyerahkan penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo, kepada Wakil Wali Kota Langsa, Dr H Marzuki Hamid, dan sejumlah pihak lainnya yang selama ini dinilai telah memberikan kontribusi bagi penyelamatan lingkungan di daerah itu.

Penghargaan ini diberikan untuk memotivasi setiap orang ikut melakukan penghijauan dengan menanam pohon. “Presiden RI, Joko Widodo juga berpesan agar setiap warga Indonesia harus menanam 25 pohon semasa hidupnya. Mari kita terus menjaga dan menanam pohon, demi kelestarian hutan dan lingkungan,” ajaknya.(zb)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved