Penerjemahan Alquran ke Bahasa Aceh Rampung

Penerjemahan Alquran ke dalam bahasa Aceh kerja sama Kementerian Agama RI dengan Universitas Islam Negeri

Penerjemahan Alquran ke Bahasa Aceh Rampung
Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi, Kemenag RI, Choirul Fuad Yusuf (kiri) dan Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA menandatangani naskah kerja sama penerjemahan Alquran dalam bahasa Aceh, Jumat (24/3) di kampus tersebut. FOTO-HUMAS UIN AR-TANIRY 

BANDA ACEH - Penerjemahan Alquran ke dalam bahasa Aceh kerja sama Kementerian Agama RI dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh akhirnya rampung. Hal itu terungkap dalam Workshop Penerjemahan Al-Quran ke Dalam Bahasa Aceh, di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh, Rabu (29/11) malam.

Kepala Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Drs Choirul Fuad Yusuf MA MPhil, saat membuka acara mengatakan, penerjemahan merupakan peralihan bahasa dari bahasa Arab ke bahasa Aceh. Menurutnya, proses itu membutuhkan ketelitian dan ketepatan.

“Dalam penerjemahan Alquran harus ada kecocokan, ketepatan, serta relevansi dengan budaya. Ketepatan menggunakan bahasa daerah sangat penting sehingga tidak terjadi kontroversi dalam pemahamannya,” ujar Choirul. Maka dari itu, fokus dan kehati-hatian sangat diperlukan agar tidak terjadi kesalahpahaman oleh umat.

Rektor UIN Ar-Raniry, Prof Dr H Farid Wajdi Ibrahim MA, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemenag yang telah mempercayakan UIN Ar-Raniry untuk berkontribusi dalam tugas mulia ini. “Karena jika salah menafsirkan makna, maka akan melenceng pengertiannya dan hal ini sangat membahahayakan,” ujarnya.

Ketua panitia, Dr A Rani Usman, menyatakan bahwa penerjemahan Alquran saat ini sudah rampung 100 persen. Workshop kedua tersebut membahas penerjemahan dan penafsiran, yang selanjutnya akan divalidasi oleh para ahli di bidang ilmu tafsir, hadis, bahasa, dan budaya. “Hasilnya nanti akan dicetak kementerian Agama RI,” tukasnya.(fit)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved