Tanam Serentak Dicanangkan, Dirjen Tanaman Pangan Tantang Bupati Abdya

“Apa pun peralatan yang diminta Bupati, siap kita penuhi, tapi dengan syarat harus mampu penuhi target, kalau tidak putus pertemanan,”

Tanam Serentak Dicanangkan, Dirjen Tanaman Pangan Tantang Bupati Abdya
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Tanam serentak MT Rendengan 2017 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dicanangkan dalam sebuah acara yang dipusatkan di Gampong Drien Jalo, Kecamatan Tangan-Tangan, Sabtu (2/12/2017). 

Laporan Zainun Yusuf | Aceh Barat Daya 

SERAMBINEWS.COM,BLANGPIDIE - Tanam serentak MT Rendengan 2017 di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dicanangkan dalam sebuah acara yang dipusatkan di Gampong Drien Jalo, Kecamatan Tangan-Tangan, Sabtu (2/12/2017).

Kegiatan tanam perdana di lahan sawah desa setempat dilaksanakan Direktur Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan pada Kementerian Pertanian RI, Dr Ir Sumarjo Gatot Irianto MS DAA, Bupati Abdya, Akmal Ibrahim bersama Anggota Forkopimkab setempat.

Tanam perdana dengan menggunakan mesin tanam padi tersebut juga melibatkan Direktur Serealia pada Dirjen Tanaman Pangan, Dr Ir M Ali Jamil MS PhD, Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, Hasanuddin Darjo serta Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah bersama tujuh dosen yang ahli permurnian benih padi.

Dirjen Tanaman Pangan pada Kementerian Pertanian RI, Sumarjo Gatot Irianto pada kesempatan itu menyatakan siap memberikan bantuan peralatan mesin pendukung untuk sukses pengembangan pertanian daerah tersebut.

“Apa pun peralatan yang diminta Bupati, siap kita penuhi, tapi dengan syarat harus mampu penuhi target, kalau tidak putus pertemanan,” tandasnya Sumarjo Gaotot Irianto.

Bukan saja target luas tanaman dan produksi padi, termasuk target tanaman jagung seluas antara 15 ribu sampai 20 ribu harus dipenuhi pada sisa waktu bulan Desember ini. Bila tidak, putus pertemana,” tandas Pak Dirjen.

Pernyataan tertulis dan dibubuhi materai tentang kesanggupan menanam jagung seluas 20.000 hektare (ha) pada bulan Desember ini, diteken Kadis Pertanian dan Pangan Abdya, Muslim Hasan.

Pernyataan tertulis itu, kemudian diserahkan Direktur Serealia, M Ali Jamil kepada Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, disaksikan Dirjen Tanamam Pangan, Sumarjo Gatot Irianto dan Kadis Pertanian dan Perkebunan Aceh, Hasanuddin Darjo.

Dirjen Tanamam Pangan, Sumarjo Gatot Irianto akan membantu dua alat pengering padi dan jagung kafasitas 10 ton per jam.  serta bantuan unit RMU atau mesin padi modern kafasitas besar.  

Bupati Abdya, Akmal Ibrahim menjelaskan kepada angota kelompok tani dan  para keujruen yang hadir dalam acara tersebut bahwa Dirjen Tanaman Pangan siap memberikan bantuan alat pertanian apa yang diminta. Tapi, ada syaratnya, target harus dipenuhi.

Menurut Bupati Abdya, Dirjen Tanaman Pangan telah membantu sejumlah traktor besar, sejumlah mesin tanam serta bantuan benih padi.

Karenanya, Bupati minta Camat, Keuchik/Kepala Desa serta keujruen harus bekerja keras mengejar  target atau memenuhuni syarat yang diberikan.

Sebelumnya, Kadis Pertanian dan Tanaman Pangan Abdya, Muslim Hasan melaporkan, luas areal sawah di Abdya 11.178 ha dengan produksi terus meningkat.

Tahun 2013 produksi rata-rata 6,7 ton Gabah Kering Giling (GKP) per hekter meningkat tahun 2017 menjadi 7,8 ton GKP per ha.(*) 

Penulis: Zainun Yusuf
Editor: Yusmadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved