JK Berikan Tips Majukan Sabang      

Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan untuk memajukan Sabang tidak boleh lagi hanya mengandalkan

JK Berikan Tips Majukan Sabang         
GUBERNUR Aceh, Irwandi Yusuf, berbincang dengan Wakil Presiden Republik Indonesia, M Jusuf Kalla, pada pembukaan Sail Sabang 2017 di Dermaga CT-3, Teluk Sabang, Sabtu (2/12). 

SABANG – Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla (JK) mengatakan untuk memajukan Sabang tidak boleh lagi hanya mengandalkan dunia pelayaran meskipun Sabang letaknya di jalur pelayaran dunia.

“Dunia sudah banyak berubah, kalau dulu Sabang menjadi tempat persinggahan kapal-kapal dunia, sekarang teknologi kapal sudah banyak berubah, semua kapal tidak butuh singgah ambil air, karena mereka sudah punya alat penjernih (penyulingan) air,” ujar JK saat membuka Sail Sabang 2017 di Dermaga CT-3, Pelabuhan BPKS, Sabang, Sabtu (2/12).

Wapres mengatakan, cara pikir harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi, khususnya dalam dunia maritim. Kehadiran Sail Sabang membuktikan bahwa yang akan berkembang ke depan selain perdagangan juga pariwisata atau turisme yang mampu meningkatkan perekonomian.

JK menandaskan, pariwisata atau turisme harus mampu menggerakkan perekonomian Sabang ke depan. Karena Sabang memiliki potensi wisata bahari dengan keindahan alamnya serta didukung keberadaan infrastruktur yang lebih baik.

Ke depan, lanjut JK, pariwisata harus mampu menyasar negara yang memiliki penduduk banyak dan perekonomiannya sedang bangkit seperti Tiongkok, Jepang, dan India. Karena pariwisata itu menyasar kalangan menengah ke atas.

“Cina (Tiongkok) dengan penduduknya 1,4 miliar orang sekarang turisnya baru 50 juta orang dan dalam 10 tanun ke depan akan meningkat menjadi 500 juta orang,” ujarnya.

Maka, lanjut JK, Sabang dengan keindahan alam, kekayaan maritim, serta ketersedian fasilitas pendukung, harus mampu menjadikan pariwisata untuk menggerakkan perekonomiannya. Ia juga mengingatkan, dalam membangun pariwisata, Sabang tidak cukup hanya mengandalkan pantai, tapi harus ada sesuatu yang menarik yang dijual serta membangun imej posistif di mata dunia.

Kunjungan kerja Wapres ke Aceh untuk membuka Sail Sabang 2017 turut didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, dan Menteri Perhubungan Budi Karya.

Opening ceremony Sail Sabang 2017 diguyur hujan lebat sejak pagi hingga siang. Akibatnya, beberapa rangkaian kegiatan dan atraksi batal dipertunjukkan di depan Wapres dan tamu undangan.

Kegiatan yang batal ditampilkan antara lain aerobatic oleh Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU, paramotor show serta parade kapal.

Bahkan, Wapres yang sebelumnya sempat dijadwalkan mengunjungi stand Wonderful Sabang Marine Expo juga batal. Sehingga dari dermaga CT-3 langsung menaiki mobil untuk kembali ke Bandara Maimun Saleh Sabang selanjutnya ke Jakarta dengan pesawat kepresidenan.

Sementara tarian kolosal tentang kepahlawanan Laksamana Keumala Hayati yang melibatkan 350 penari tetap dipertunjukkan meskipun para penari harus beraksi di bawah guyuran hujan.

Dalam guyuran hujan, tarian kolosal itu semakin tampak dramatis. Dalam drama itu digambarkan perlawanan pasukan Laksamana Keumala Hayati yang menyerang pasukan Belanda hingga akhirnya pasukan inong balee (janda) itu meraih kemenangan. 

Sedangkan terkait aerobatic, informasi yang terima Serambi, penampilan oleh tim JAT TNI AU akan dilakukan hari ini, Minggu (3/12) pagi sekitar pukul 08.00 WIB di langit Teluk Sabang. Aerabotic Show menjadi rangkaian kegiatan utama untuk memeriahkan Sail Sabang.

Amatan Serambi kemarin, kompleks Dermaga CT-3 digenangi air hingga semata kaki. Selama pelaksanaan Sail sabang yang dimulai 28 November, Pulau Weh nyaris tak henti diguyur hujan.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved