Milad ke-41, Senator Aceh Bilang Eks GAM Harus Bersatu

Dia menyerukan semua elemen eks pejuang GAM bersatu, baik yang terpecah karena partai politik maupun karena perbedaan cara pandang politik.

Milad ke-41, Senator Aceh Bilang Eks GAM Harus Bersatu
DOK SERAMBINEWS.COM
Penandatanganan perjanjian damai antara Pemerintah RI dan GAM (Mou Helsinki), 15 Agustus 2015. 

Laporan Fikar W Eda | Jakarta

SERAMBINEWS.COM, JAKARTA - Peringatan milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM) harus dijadikan momentum konsolidasi antara elite politik GAM. Hal ini disampaikan senator Aceh, Fachrul Razi.

"GAM harus bersatu, karena tuntutan kebutuhan dan keadaan saat ini, mendesak adanya rekonsiliasi dan rekonsolidasi GAM," kata Fachrul, Minggu (3/12/2017).

Ia juga mengingatkan perlunya dilakukan resosialisasi terhadap ideologi keacehan yang dinilai memudar.

"Apalagi anak anak muda yang berasal dari korban konflik saat ini sudah berusia mahasiswa dan pelajar. Ideologi keacehan harus di perkuat kepada anak anak muda. Karena masa depan Aceh berada di tangan mereka," ujar Fachrul Razi.

(Baca: Jelang Milad ke-41, Mantan Kombatan GAM Serahkan 800 Lembar Bendera Bintang Bulan ke Polisi)

(Baca: Besok Milad ke-41 GAM, Ini Imbauan dan Penegasan Polda Aceh)

Dia menyerukan semua elemen eks pejuang GAM bersatu, baik yang terpecah karena partai politik maupun karena perbedaan cara pandang politik.

"Saya menilai aktor-aktor yang selama ini fokus pada integrasi ekonomi di masyarakat selama proses damai, telah memiliki keinginan kembali untuk bersatu. Perbedaan politik selama ini harus dipahami sebagai suatu yang lumrah dalam demokrasi," kata Fachrul Razi.

Ia mengatakan GAM adalah entitas politik yang disegani oleh Pusat bahkan dihormati pihak internasional.

Proses perdamaian dan pembangunan yang sudah berjalan 12 tahun, menurut Fachrul Razi, masih belum cukup untuk menuntaskan seluruh ketentuan dalam perjanjian perdamaian MoU Helsinki.(*)

Penulis: Fikar W Eda
Editor: Safriadi Syahbuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved