Pesta Buku New Zikra Dimulai

Pesta buku yang digelar Toko Buku New Zikra Banda Aceh (grup Serambi Indonesia) di Gedung PKK Aceh Barat

Pesta Buku New Zikra Dimulai
SEKDA Aceh Barat, Bukhari (kanan) didampingi Pemimpin Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din, meninjau arena Pesta Buku New Zikra di Gedung PKK Aceh Barat (depan pendopo lama), Suak Indrapuri, Meulaboh, Sabtu (9/12). 

MEULABOH - Pesta buku yang digelar Toko Buku New Zikra Banda Aceh (grup Serambi Indonesia) di Gedung PKK Aceh Barat (depan pendapa lama), Suak Indrapuri, Meulaboh, dimulai. Kegiatan yang akan berlangsung hingga 23 Desember mendatang tersebut dibuka Bupati Aceh Barat, H Ramli MS, yang diwakili Sekda Drs Bukhari MM, Sabtu (9/12).

Pembukaan acara itu turut dihadiri Pemimpin Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din, Manajer Toko Buku New Zikra, Lailun Kamal, Manajer Percetakan Komersil Serambi Indonesia, Firdaus D, kalangan siswa dan mahasiswa, masyarakat, serta sejumlah tamu undangan lain. Setelah pembukaan, Sekda menyempatkan diri meninjau pesta buku tersebut.

Sekda dalam sambutannya berharap siswa, mahasiswa, dan masyarakat Aceh barat untuk membiasakan diri membaca buku. Sebab, menurutnya, buku merupakan gudang ilmu dan membaca adalah kuncinya. Kendati internet makin berkembang, namun kebiasaan menbaca buku tak boleh ditinggalkan.

“Kalau informasi melalui internet, masyarakat harus selektif memilihnya. Sehingga informasi yang didapat tak salah. Tapi, kalau buku bisa menjadi rujuan karena disusun melalui proses yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkap Sekda. Karena itu, menurutnya, Pemkab Aceh Barat sata mengapresiasi pesta buku New Zikra.

Ia berharap masyarakat serta siswa dan mahasiswa di Aceh Barat dan sekitarnya dapat memamfaatkan Pesta Buku New Zikra ini untuk mendapatkan buku-buku terbaik. Bukhari juga berharap ke depan Toko Buku New Zikra dapat membuka perwakilan di Meulaboh. Sehingga memudahkan pelajar dan masyarakat wilayah itu memperoleh buku-buku terbaik dan berkualitas. Apalagi, tambah Sekda, saat ini jumlah toko buku dan jenis buku di Aceh Barat masih terbatas.

Manajer Toko Buku New Zikra, Lailun Kamal mengatakan, setap hari pesta buku itu dibuka pukul 08.30 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Menurutnya, buku yang dijual pihaknya terdiri atas berbagai jenis untuk murid TK sampai siswa SMA dan masyarakat. Disebutkan, buku yang disediakan dalam kegiatan itu sebanyak 10 ribu judul.

Pemimpin Perusahaan Serambi Indonesia, Mohd Din, dalam sambutannya, pada acara pembukaan mengatakan, pesta buku itu diadakan New Zikra dalam rangka menjembatani kekurangan informasi serta dapat meningkatkan minat baca siswa, mahasiswa, dan masyarakat. “Kami menyediakan buku-buku berkualitas. Selain buku umum juga ada buku agama,” jelasnya.

Moh Din mencontohkan, Taiwan merupakan salah satu negara yang minat baca rakyatnya sangat tinggi. “Negara mereka maju karena membaca. Karena itu, minat baca masyarakat Indonesia termasuk Aceh Barat perlu ditingkatkan,” pungkas Mohd Din.(riz)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved