Breaking News:

Pencanangan GERMAS di Aceh

BELUM lama ini telah terbit instruksi Presiden No.1 Tahun 017. Inpres tersebut mengamanatkantentang Germas

Editor: bakri
Pencanangan GERMAS di Aceh

BELUM lama ini telah terbit instruksi Presiden No.1 Tahun 017. Inpres tersebut mengamanatkantentang Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang perlu disosialisasikan dan ditingkatkan di berbagai ektor kehidupan.

“Pemerintah Aceh tentunya menyambut dengan antusias kebijakan ini mengingat langkah ini sejalan dengan visi pemerintahan yang kami jalankan,” tegas Wakil Gubernur Ir. Nova Iriansyah MT saat membuka Rapat Kerja kesehatan Daerah (Rakerkesda) Aceh Tahun 2017 dan sekaligus Pencanangan Germas Tingkat Provinsi Aceh.

Acara yang berlangsung Selasa (8/08/2017) di Aula Teuku Umar Dinas Kesehatan Aceh itu diikuti oleh para Para Asisten Bupati/Wali Kota yang membidangi masalah kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/ kota, Kabid Yankes, Kabid Kesmas, dan para Direktur RSUD dari 23 Kab/Kota se-Aceh. Selainundangan dari Kabupaten/ Kota, acara tersebut juga ikut dihadiri berbagai lintas sektor. Lebih lanjut, Wagub Nova menjelaskan bahwa ada beberapa langkah strategis yang perlu disiapkan untuk keberhasilan pelaksanaan gerakan Masyarakat hidup sehat ini, antara lain, pertama, penyusunan regulasi yang mendukung Germasdi tingkat Provinsi Aceh. Kedua, mengintegrasikan kegiatan lintas program dan lintas perangkat daerah ke dalam RPJMA dan dokumen penganggaran mulai tahun 2018.

Ketiga, meningkatkan upaya promotif dan preventif dalam rangka meningkatkan derajat kesehatanmasyarakat. Wagub Nova juga menaruh harapan yang sangat besarbagi peningkatan upaya pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat di Aceh. “Dengankombinasi semua program ini kami berharap upaya pelayanankesehatan dapat lebih diperkuat, sehingga pencapaian program Aceh seujahtera yang menjadi jargon primadona Irwandi-

Nova, serta JKA Plus dapatterwujud,” harapnya. Wagub berharap, Germas tidak berhenti hanya pada pencanangan saja. Kegiatan Germas harus terus berjalan.Kalau masyarakat sudah melaksanakan Germas harapannya nanti akan bermuara padapeningkatan kesehatan warga. Dengan kata lain kesehatanwarga tetap terjaga, masyarakat lebih produktif dan menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat yang pada akhirnya akan mewujudkanmasyarakat Aceh yang sehat dan seujahtera untuk mewujudkan Aceh Hebat.

Pencanangan GERMAS di Daerah Lokus
Di Kabupaten Bireuen, pencanangan Germas dipusatkandi Gampong Bireuen Meunasah Tgk Digadong Kecamatan Kota Juang, Bireuen (22/11/2017).Pencanangan Germas di Bireuen ikut dihadiri oleh Staf AhliGubernur Aceh Bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Ir. T. Syakur (mewakiliGubernur Aceh). Juga hadir Wakil Bupati Bireuen, Muzakkar A. Gani, Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif dan Kepala Dinas Kesehatan KabupatenBireuen dr. Amir Addani.

Acara berlangsung meriah dan sukses yang diikuti oleh berbagai kalangan di Bireuen. Pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan pengukuran berat badan, pengukuran tinggibadan, pengukuran LILA, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat, dan pemeriksaan kolesterol. Di Aceh Barat, pencanangan GERMAS dipusatkan di Aula Gedung Poltekkes Aceh di Meulaboh, Selasa ( 17/10/2017).

Dihadiri oleh lebih dari 300 peserta dari berbagai kalangan. Bupati Aceh Barat, Ramli, MS. melakukan pencanangan dan penandatanganan komitmen secara resmi pelaksanaan Germas di Aceh Barat.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved