Tutup Raker Dekranasda, Darwati Bagi-bagi Hadiah

Raker Dekranasda itu telah berhasil merumuskan langkah langkah penting untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas

Tutup Raker Dekranasda, Darwati Bagi-bagi Hadiah
Humas Setda Aceh
Ketua Dekranasda Aceh, Darwati A Gani, menyerahkan hadiah dan cinderamata kepada Ketua Dekranasda Kabupaten/ Kota se-Aceh, saat menutup acara Raker dan Pameran Kerajinan Aceh di Anjong Mon Mata Banda Aceh, Selasa (12/12). 

BANDA ACEH - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Aceh Darwati A Gani menutup Rapat Kerja Dekranasda se- Aceh dan Pameran Kerajinan di Anjong Mon Mata, Komplek Meuligoe Gubernur Aceh, Selasa (12/12).

Penutupan ditandai dengan pengumuman para juara aneka lomba serta pembagian hadiah yang diserahkan langsung oleh Darwati. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh, Mulyadi Nurdin.

Dalam kesempatan itu, Darwati memberikan hadiah kepada para peserta dari Dekranasda Kabupaten/Kota se-Aceh yang berhasil memenangkan berbagai kategori lomba Kerajinan Dekranasda 2017, seperti lomba Desa Kerajinan, Motif Warisan Budaya, Produk Unggulan Pelestarian Budaya dan Produk Kerajinan Inovatif.

Dalam sambutan penutupnya, Darwati mengatakan, rapat kerja yang digelar selama dua hari (11-12 Desember) itu telah berhasil merumuskan langkah langkah penting untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas para perajin agar mampu menghasilkan produk yang kompetitif dan berkualitas.

Hal itu sesuai dengan tema yang diangkat dalam, Rakerda, yaitu “Membangun Sinergi Dalam Menciptakan Kriya Unggulan Daerah”. Tema tersebut dianggap cukup sesuai dengan visi Dekranasda Aceh, yaitu Memakmurkan Pengrajin. “Semoga ini menjadi motivasi kita guna mendorong kesuksesan karya rakyat Aceh,” ujar Darwati.

Darwati juga menjelaskan, tema tersebut mengandung makna perlunya upaya dari semua pihak untuk memajukan kerajinan tradisional Aceh, terutama dalam menghadapi persaingan di era pasar bebas saat ini. Rakerda ini diikuti oleh seluruh pengurus Dekranasda Kabupaten/Kota se-Aceh dan para perajin binaan masing-masing wilayah.

Darwati juga menjelaskan,berbagai pelatihan akan terus diberikan bagi para perajin agar dapat meningkatkan kualitas produk, desain dan warna. Juga dilakukan pengembangan manajemen usaha, diversifikasi produk dan pengenalan serta memanfaatan teknologi informasi untuk mempromosikan usaha.

Berikut para juara berbagai kategori lomba yang menerima hadiah dari Darwati:

Kategori Desa Kerajinan
Juara I Gampong Kuala Baru Laut, Kecamatan Kuala Baru, Aceh Singkil.
Juara II Desa Reudep, Montasik, Aceh Besar.
Juara III Menusah Rayeuk, Nisam, Aceh Utara.
Juara Harapan I Gampong Paku, Jeumpa, Bireueun.
Harapan II Kuta Ateuh, Sukakarya, Kota Sabang.
Harapan III Tampeng, Kuta Panjang, Gayo Lues.

Kategori Motif Warisan Budaya
Juara I Gampong Teungoh, Sama Tiga, Aceh Barat.
Juara II Dayah Adan, Mutiara Timu, Pidie.
Juara III Latak Ayah Simeulue Cut, Simeulue.

Kategori Produk Unggulan Pelestarian Budaya
Juara I GampongPadang, Manggeng, Abdya.
Juara II Gampong Panton, Teunom, Aceh Jaya.
Juara III Alue Dua Muka O, Idi Rayeuk, Aceh Timur.
Harapan I diraih Gampong Tunong, Blang Mangat, Lhokseumawe.
Harapan II Jamur Lak Lak, Ketambe, Aceh Tenggara,
Harapan III Matang Seulimeng, Langsa.

Kategori Produk Kerajinan Inovatif pada Desa Kerajinan
Juara I Gampong Gunong Cut, Samadua, Aceh Selatan.

Selain itu diberikan hadiah kepada para juara Lomba Stan Terbaik, Lomba Laporan Terbaik Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota, Produk Kerajinan Unggulan Terbaik, Makanan Unggulan Terbaik, serta Lomba Produk Kerajinan Inovatif. (*)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved