KIP Banda Aceh akan Tata Dapil

Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh melakukan rapat kerja dalam rangka analisa data wilayah

KIP Banda Aceh akan Tata Dapil
Komisioner KIP Banda Aceh, Indra Milwady memberikan materi pada rapat kerja terkait rancangan penataan daerah pemilihan (dapil) di Hotel Kryad Muraya, Banda Aceh, Rabu (20/12). SERAMBI/MASRIZAL 

BANDA ACEH - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh melakukan rapat kerja dalam rangka analisa data wilayah dan kependudukan serta inventarisasi daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi pada Pemilu 2019.

Kegiatan yang diikuti perwakilan pemerintah, DPRK, partai politik, komunitas disabilitas, dan lembaga terkait lainnya berlangsung di Hotel Kryad Muraya, Banda Aceh, Rabu (20/12).

Ketua KIP Banda Aceh, Munawarsyah mengatakan dalam kegiatan itu pihaknya mendiskusikan bagaimana prinsip penataan dapil dan alokasi kursi di DPRK setempat. Saat ini di DPRK memiliki 30 kursi.

“Saat ini Banda Aceh memiliki 5 dapil dan sudah digunakan pada Pemilu 2014. Pada Pemilu 2019, kami akan melakukan penataan dapil. Kemungkinan akan berubah dapil,” katanya.

Dia mengatakan, dalam penataan dapil pihaknya akan melakukan tiga kegiatan yaitu rapat kerja, penyusunan dan penataan dapil serta uji publik. Setelah itu, baru kemudian menyampaikan hasilnya ke KPU RI pada Maret 2018.

“Kita sengaja lebih awal lakukan ini agar partai politik mengetahui bahwa rancangan dapil ke depan bisa jadi berubah dan ada kemungkinan berubah dapil. Karena melihat prinsip-prinsip penataan wilayah yang kita akomodir,” ujarnya.(mas)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved