Perjuangan Ibu Para Ulama Besar Muslim, Dukung Anak Mendalami Alquran Hingga Belajar Ilmu Geografi

Begitu pun dengan ibu para ulama besar Muslim ini. Tanpa teknologi canggih dan berbekal tekad yang kuat sang anak bisa

Perjuangan Ibu Para Ulama Besar Muslim, Dukung Anak Mendalami Alquran Hingga Belajar Ilmu Geografi
Google
Konstantinopel 

SERAMBINEWS.COM - Menjadi ibu memang bukan hal yang mudah namun sebuah bentuk anugerah yang patut disyukuri. Melihat dan bisa memiliki waktu untuk memperhatikan tumbuh kembang sang anak adalah berkah yang luar biasa. Begitu pun yang dialami oleh para ibu berikut.

Begitu pun dengan ibu para ulama besar Muslim ini. Tanpa teknologi canggih dan berbekal tekad yang kuat sang anak bisa memberi manfaat bagi kehidupan manusia, mereka rela mengajarkan ilmu pengetahuan dengan cara mereka sendiri.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ibu dari para ulama tersebut :

1. Ibu Sufyan ats-Tsaury

“Wahai Sufyan anakku, belajarlah..aku yang akan menanggungmu dengan usaha memintalku”, begitulah ucapan sang ibu saat Sufyan merasa ragu untuk menuntut ilmu sebab keterbatasan biaya.

Sufyan ats-Tsaury adalah tokoh besar tabi’ at-tabi’in. Ia seorang fakih yang disebut dengan amirul mukminin fil hadits (pemimpin umat Islam dalam hadits Nabi).

Baca: Penangkapan 11 Pangeran, Ulama Saudi Sebut Sama Pentingnya dengan Memerangi Terorisme

Semasa mudanya, beliau  merasa bimbang jika menuntut ilmu, maka butuh modal dan bekal. Jika mencari modal dan bekal maka dirinya tidak bisa fokus belajar. Karena ilmu itu mudah pergi dan menghilang.

Saat ragu melanda, Ibunya menyemangati, menasihati, dan mewasiatinya agar semangat menggapai pengetahuan.

“Anakku, jika engkau menulis 10 huruf, lihatlah ! Apakah kau jumpai dalam dirimu bertambah rasa takutmu (kepada Allah), kelemah-lembutanmu, dan ketenanganmu? Jika tidak kau dapati hal itu, ketahuilah ilmu yang kau catat berakibat buruk bagimu. Ia tidak bermanfaat untukmu”.

Halaman
1234
Penulis: Fatimah
Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved