Pedagang Diimbau tak Jual Mercon

Petugas Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh mulai melakukan patroli di dalam kota. Dalam patrolinya

Pedagang Diimbau tak Jual Mercon
KOMPAS.COM
Gudang mercon di Tangerang, Banten, meledak dan mengakibatkan 23 orang/pekerja meninggal dengan luka bakar, Kamis (26/10/2017). 

* Akan Disita Jika Menjual

BANDA ACEH - Petugas Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh mulai melakukan patroli di dalam kota. Dalam patrolinya, petugas mengimbau kepada para pedagang agar tidak menjual mercon, kembang api, serta terompet menjelang tahun baru masehi 2018. Tindakan itu bagian dari seruan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Banda Aceh yang melarang perayaan tahun baru.

Hal itu disampaikan Kepala Satpol PP dan WH Banda Aceh, Yusnardi SSTP MSi kepada Serambi, Sabtu (23/12). Menurutnya, sejak beberapa hari terakhir petugas sudah memantau beberapa titik yang biasanya menjual mercon dan kembang api saat jelang tahun baru.

“Kalau nanti ada yang kedapatan menjual kembang api maka petugas akan menyita, kita amankan ke kantor dan akan dikembalikan setelah tahun baru nanti,” ujar Yusnardi.

Dia menjelaskan, petugas sudah memiliki peta mengenai titik maupun toko yang biasa menyediakan kembang api maupun mercon. Saat ini tindakan yang mereka lakukan baru tahap menempel brosur imbauan dan memberi tahu secara persuasif kepada pedagang.

Yusnardi menambahkan, bahwa mereka sengaja memberi imbauan jauh hari, baik tulisan maupun lisan. Supaya para pedagang di Banda Aceh tidak mengorder kembang api untuk dijual. Menurutnya, Banda Aceh memang sudah sejak lama melarang penjualan kembang api, sehingga pedagang seharusnya sudah mengetahuinya.

Patroli penertiban untuk pedagang mercon dan kembang api akan gencar dilaksanakan mulai 27 Desember 2017 hingga malam tahun baru. “Karena sudah setiap tahun dilarang menjual kembang api, kita harap tahun ini memang tidak ada lagi yang menjual,” tandasnya.(mun)

Editor: bakri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved