Tinggal di Lokasi Uji Coba Nuklir, Paparan Radiasi Terdeteksi dari Tubuh Para Pembelot Korea Utara

Namun, dokter belum dapat memastikan apakah gangguan kesehatan tersebut disebabkan uji coba nuklir yang dilakukan Pyongyang.

Tinggal di Lokasi Uji Coba Nuklir, Paparan Radiasi Terdeteksi dari Tubuh Para Pembelot Korea Utara
(KIM JAE-HWAN / AFP)
Warga Korea Selatan di Seoul melakukan aksi unjuk rasa menentang uji coba nuklir Korea Utara. 

SERAMBINEWS.COM - Sejumlah pembelot Korea Utara terdeteksi mengalami paparan radiasi. Mereka sebelumnya tinggal di kawasan sekitar lokasi uji coba nuklir.

Setidaknya empat pembelot asal Korea Utara yang menunjukkan gejala-gejala paparan radiasi.

Namun, dokter belum dapat memastikan apakah gangguan kesehatan tersebut disebabkan uji coba nuklir yang dilakukan Pyongyang.

Empat pembelot Korea Utara tersebut mengaku awalnya mereka bertempat tinggal di Kilju, sebuah kota yang terletak di Provinsi Hamgyong.

Di kota itu pula terletak Punggye-ri yang menjadi situs uji coba nuklir oleh Korea Utara.

Baca: Ribuan Tentara Korut Rayakan Uji Coba Senjata Nuklir dan Bom Hidrogen

Ada sekitar 30 mantan warga Kilju yang menyeberang ke Korea Selatan. Mereka dalam pemeriksaan oleh tim dokter di Seoul sejak Oktober atau sebulan setelah uji coba nuklir keenam oleh Korea Utara.

"Mereka terpapar radiasi Mei 2009 hingga Januari 2013. Mereka menyeberang ke Korea Selatan sebelum uji coba nuklir dilakukan belakangan ini," kata peneliti dari Institut Energi Atom Korea yang melakukan pemeriksaan.

Korea Utara telah melakukan uji coba bom nuklir enam kali sejak 2006 yang dilakukan di sebuah terowongan di bawah Gunung Punggye-ri.

Baca: Mengenal Guam, Pulau Kecil yang Heboh Diperbincangkan Karena dalam Bidikan Nuklir Korut

Para peneliti memperingatkan akan bahaya radiasi yang ditunjukkan oleh para pembelot. Bahkan, salah satu yang pernah tinggal di Punggye-ri menunjukkan gejala yang spesifik. 

Para ahli berpendapat uji coba nuklir yang terus dilakukan berisiko menimbulkan polusi radioaktif.

Langkah pencegahan juga telah dilakukan Pelaksana Keselamatan Nuklir China dengan memantau tingkat radiasi di sepanjang perbatasan dengan Korea Utara.

Awal Desember lalu, surat kabar pemerintah di Provinsi Jilin, yang berbatasan langsung dengan Korea Utara dan Rusia, telah memuat tips melindungi diri dari efek senjata nuklir.

Berita ini telah ditayangkan pada kompas.com dengan judul : Tanda Paparan Radiasi Terdeteksi dari Tubuh Para Pembelot Korea Utara

Editor: Fatimah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved