Ribuan Orang Saksikan Proses Munik Ni Reje, Pelantikan Secara Adat Bupati/Wabup Aceh Tengah

merupakan bagian dari pelantikan secara adat yang telah diatur dalam salah satu qanun kabupaten setempat.

SERAMBINEWS.COM/MAHYADI
Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar-Firdaus mengikuti prosesi acara adat munik ni reje yang berlangsung di pendopo bupati, Kota Takengon, Selasa (2/1/2018). 

Laporan Mahyadi | Takengon

SERAMBINEWS.COM, TAKENGON – Ribuan masyarakat Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (2/1/2018) memenuhi halaman pendopo setempat.

Kehadiran mereka untuk menyaksikan proses adat Munik Ni Reje  Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar-Firdaus.

Baca: Shabela dan Firdaus Pimpin Aceh Tengah

Prosesi adat Gayo tersebut, dilakukan beberapa hari setelah pasangan Shabela Abubakar-Firdaus dilantik secara resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah, oleh Gubernur Aceh, drh Irwandi Yusuf.

Acara Munik Ni Reje, yang dimulai sekira pukul 10. 00 WIB, merupakan bagian dari pelantikan secara adat yang telah diatur dalam salah satu qanun kabupaten setempat.

Adapun rangkaian acara Munik Ni Reje, dimulai dengan memohon izin dan doa restu dari kedua orang tua bupati dan wakil bupati di kediaman mereka masing-masing.

Setelah itu, dilakukan prosesi penjemputan reje yang dilakukan oleh tokoh adat setempat.

Baca: Ini Pesan Gubernur Irwandi kepada Bupati Baru Aceh Tengah, Jangan Biarkan Petani Terjerat Rentenir

Selanjutnya, acara penyambutan di Pendopo bupati, diwarnai dengan gema lagu Indonesia Raya dan lagu Tawar Sedenge.

Acara adat tersebut, dilanjutkan dengan prosesi adat Sulang Lemak Lungi, (disulangi oleh orang tua) pembacaan naskah penyematan bawar (semacam pedang atau keris), dan penyarahan kecalan amanah.

Kemudian pembacaan naskah amanah rakyat, janji bupati, doa dan dilanjutkan penyerahan kunci Bale Samsi (Pendopo Bupati) kepada Shabela Abubakar. (*)    

Penulis: Mahyadi
Editor: Hadi Al Sumaterani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved